TNI AL Hadiri 14TH EAHC Conference Di Tokyo

banner 120x600

Tokyo, borneonetv.com – TNI angkatan Laut dalam hal ini Pusat Hidro Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menghadiri 14TH EAHC Conference yang berlangsung dari tanggal 27-28 September 2022 di Tokyo, Jepang.

Delegasi Pushidrosal dalam pertemuan tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Nurhidayat selaku Chief Hydrographer Indonesia, yang didampingi oleh Aspamkersamtas Danpushidrosal Kolonel Laut (P) Fajar Rusdianto dan Paban Kersam Letkol Laut (P) Deirus Rizkikhair.

Konferensi EAHC ke-14 diselenggarakan di Tokyo Toranomon Global Square, Tokyo dengan peserta Tatap muka sebanyak 35 orang yang berasal dari negara Brunei, Indonesia, Jepang, Malaysia, Philippines, Korea Selatan, Singapore, Thailand, Vietnam, Australia, Inggris, dan USA. Sementara peserta daring sebanyak 24 orang yang berasal dari negara Indonesia, Cina, Jepang, Kamboja, Korea Selatan, Inggris, serta Malaysia.

Dalam pertemuan tersebut dibahas beberapa agenda di antaranya Paparan materi National Report dari seluruh peserta mengenai perkembangan kantor hidrografi masing-masing negara dalam 3 tahun terakhir, dengan urutan paparan sebagai berikut: Brunei Darussalam, China, Indonesia, Japan, Malaysia, Phillipines, ROK, Singapore, Thailand, Vietnam, Cambodia, dan USA, Pemilihan negara perwakilan EAHC sebagai anggota dewan IHO yang dilaksanakan secara musyawarah, dengan hasil Malaysia dan Thailand terpilih menjadi anggota dewan, serta Serah terima jabatan Ketua EAHC dari Jepang kepada Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Indonesia antara lain mengusulkan untuk membuat kerangka kerja guna mitigasi bencana di dalam EAHC, usulan ini disetujui oleh peserta rapat. Adapun Jepang mengusulkan untuk menggelar pertemuan internal sebelum rapat berikutnya secara daring untuk membahas perkembangan S-100. [Adang]

%d blogger menyukai ini: