banner 120x600

Vihara Terbesar Di Kota Singkawang Resmikan

banner 120x600

 

Singkawang Kalimantan Barat – Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie meresmikan Vihara Tri Dharma Bumi Raya Sui Kheu Thai Pak Kung, yang merupakan vihara terbesar di kota singkawang yang beralamat di Kelurahan Sanggau Kulor, Kecamatan Singkawang Timur, Selasa 4 oktober 2022.

Walikota singkawang Tjhai Chui Mie mengatakan. Vihara ini merupakan vihara terbesar dan termegah khususnya di Kota Singkawang yang dibangun para donator baik dari Singkawang, Kalbar maupun Luar Negeri.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut terlibat dalam pembangunannya,” kata Tjhai Chui Mie.

Menurutnya, vihara yang baru saja diresmikan adalah merupakan vihara termegah di Kota Singkawang. Dan diharapkan ada tambahan suatu spot untuk destinasi pariwisata yang ada di kota Singkawang.

“Karena selain digunakan untuk ibadah dan sosial tentu juga bisa digunakan untuk menarik perhatian wisatawan berkunjung ke Singkawang,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakn, letak Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung sangat strategis. Dimana di sekitarnya ada gunung dan sungai serta bisa digunakan untuk masyarakat berolahraga dan sebagainya.

Dari sisi kulinernya juga tidak sulit, karena berbagai macam makanan ada di sekitar vihara. Mulai dari yang halal, vegetarian dan lainnya.

“Kepada masyarakat khususnya umat yang berada di sekitar vihara bisa menjaga kebersihan, keamanan dan kenyamanan sehingga apa yang sudah terbangun bisa dirasakan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Dengan begitu apa yang menjadi tujuan kita didalam membangun bisa tercapai, seperti melaksanakan ibadah dengan tenang, meningkatkan iman, keberagaman dan kota tertata lebih indah serta multiplier effect ekonominya bisa didapatkan,” ungkapnya.

Karena tamu yang datang pada peresmian ini bukan hanya dari Singkawang saja, melainkan perwakilan dari Pekong Singapura, Malaysia, Sabah, Sarawak dan Kuching.

“Kemudian dari Surabaya, Jakarta dan Tangerang,” jelasnya.

Dalam kegiatan peresmian vihara tersebut turut hadir Anggota DPR RI, Daniel Johan. Daniel Johan mengatakan, dengan sudah diresmikannya Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung ini bukan hanya menjadi suatu kebesaran Kota Singkawang Kalbar saja tapi juga Indonesia.

“Saya berharap vihara ini bisa menjadi pusat yang juga memancarkan cahaya, keselamatan dan kesehatan bagi segenap rakyat Indonesia khususnya Singkawang,” katanya.

Kemudian selain digunakan untuk ibadah sekaligus bisa menjadi pusat wisata sehingga bisa memperkenalkan Indonesia kepada dunia, meskipun Singkawang mayoritas penduduknya beragama Islam, namun ke Bhinnekaan, kebersamaan eksistensi dari semua agama bisa diakui sama.

“Sehingga itu menjadi contoh bagi dunia,” ujarnya.

Sementara ketua panitia, Lim Hok Nen mengatakan, pembangunan Vihara Tri Dharma Bumi Raya Sui Kheu Thai Pak Kung sudah dimulai sejak 2012. Dengan peletakan batu pertama dan membangun vihara sementara. Selanjutnya proses pembongkaran vihara lama dengan mendapat restu Sui Kheu Pak Kung.

Seiring berjalannya waktu, proses pembangunan terhenti karena pandemi Covid-19 pada tahun 2019. Kemudian, pembangunan berjalan kembali pada tahun 2021 setelah Covid-19 melandai.

“Akhirnya hari ini bisa dilaksanakan peresmian,” katanya.

Menurutnya, pembangunan vihara ini adalah merupakan ide kreatif dari bapak Djong Siau Khiang, Djong Siau Kang yang dikerjakan oleh tukang dari Singkawang dan Pulau Jawa.

“Luasan vihara ini kurang lebih 6 hektar dengan Tinggi kurang lebih belasan meter.,” ujarnya.(mz)

%d blogger menyukai ini: