banner 120x600

Danlantamal XII Hadiri Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun 2022 Di Kantor Gubernur Kalimantan Barat

banner 120x600

Mempawah,BorneOneTV- Komandan Lantamal XII Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si.(Han) hadiri Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022 di kantor Gubernur Kalimantan Barat Jalan Ahmad Yani Kota Pontianak Provinsi Kalbar, Jumat (28/10/2022)

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022 mengambil tema “Bersatu Bangun Bangsa” bertindak selaku Inspektur Upacara Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H., M.Hum.

Turut hadir dalam upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 di Kantor Gubernur Kalbar Kapolda Kalbar Irjen Pol Drs. Suryanbodo Asmoro, M.M., Wagub Kalbar Drs. H. Ria Norsan, M.M., M.H., Pangdam XII TPR diwakili Kasdam XII TPR Brigjen TNI Djauhari S.E.M.M., Danlanud Supadio diwakili oleh Kasikalmat Dislog Lanud Spo Letkol Kal Yohanes Eko K., S.T., Ketua DPRD Provinsi Kalbar, M. Kebing L., Kepala Pengadilan Tinggi Kalbar, Ketua Pengadilan Agama Prov. Kalbar, dan Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat, Ibu Windy Prihastari, S.STP, M.Si serta tamu undangan lainnya.

Amanat Menteri Pemuda dan Olah Raga yang dibacakan oleh Gubernur Kalbar sebagai Irup dalam upacara tersebut,
“Pada hari ini 28 Oktober 2022 kita bersama memperingati hari Sumpah Pemuda yang ke-94 dengan tema bersatu bangun bangsa peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan dipelajari ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita sebagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial suku agama ras dan kultur serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan bukan sebagai faktor yang melemahkan sejarah telah menjelaskan bahwa pilihan Pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan,” ucap Sutarmidji.

“Peran pemuda dalam mempelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia peran pemuda telah tercatat dengan cinta emas sepanjang masa saudara-saudara sekalian peringatan Hari Sumpah Pemuda ini selalu memiliki arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan bangsa Indonesia selalu ada persamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia,” sambungnya.

“Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda saat ini adalah bersatu bangun bangsa tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia tema ini menjadi pengejaan tahan nilai agung Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang.
Tekat kita untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan mewujudkan cita-cita saat ini dan sepanjang masa semangat untuk selalu bersungguh-sungguh membangun Indonesia yang merdeka berdaulat bersatu adil dan makmur secara dinamis sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang Apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang bisa menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang mandat Pemuda pada saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan di atas segala-galanya memandang keberagaman sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan yang luar biasa menggapai kejayaan Indonesia pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia emas 2045 tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa saudara-saudara sekalian pembentukan ketangguhan bangsa melalui pembentukan karakter mulia dan pengembangan kompetensi dalam berbagai ranah keahlian dan dipadukan dengan senantiasa mengasah kreativitas dan inovasi adalah pekerjaan utama yang tidak boleh diabaikan oleh para pemuda hanya bangsa yang tangguh yang mampu menjaga eksistensi bangsa dan memenangkan persaingan dalam kancah global yang semakin keras,” lanjutnya.

Harapan juga disampaikan dengan bermula dari titik nol ibukota Nusantara mengajak seluruh elemen bangsa menghimpun kekuatan dan semangat untuk bergerak mendorong Pemuda Indonesia untuk mengembangkan berbagai potensi yang akan yang ada demi membangun kejayaan sepanjang masa kerja kolaboratif antar pihak perlu dikembangkan karena upaya pembangunan pemuda tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri atau parsial pembangunan kepemudaan membutuhkan orkestrasi yang sinkron dan harmoni saudara-saudara sekalian.

“Akhirnya marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-94 ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun bangsa semoga Allah subhanahu Wa ta’ala Tuhan Yang maha esa senantiasa memberikan kekuasaan kekuatan kepada kita bersama untuk mampu membangun persatuan bangsa dan menggapai cita-cita kejayaan Indonesia,” pungkasnya mengakhiri amanat Menpora.
(Dispen Lantamal XII)

%d blogger menyukai ini: