banner 120x600

Tingkatkan Produktivitas Pertanian, Pemerintah Kabupaten Sambas Serahkan 176 Alsintan kepada Petani

banner 120x600

Sambas, BorneOneTV.com- Bupati Kabupaten Sambas Bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas memberikan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) untuk sejumlah kelompok tani (poktan) di Kabupaten Sambas, Rabu ( 16/11/2022).

Bantuan Alat dan Mesin Pertanian Oleh Pemerintah Kabupaten Sambas, guna menggenjot produktivitas menjadi efektif dan efisien.Mekanisasi dalam pertanian tidak bisa dihindari, dengan alsintan, bisa meningkatkan produktivitas hasil panen Petani.

Penyerahan Alat Dan Mesin Pertanian seperti Combain, Traktor, Kendaraan Roda Tiga, maupun lainya diserahkan secara simbolis oleh Bupati Kabupaten Sambas, bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas Secara simbolis kepada Kelompok Tani.

Bupati Kabupaten Sambas, H. Satono, S.Sos.I., M.H

Bupati Kabupaten Sambas, H. Satono Menyampaikan, Sambas merupakan daerah pertanian, 70% ( tujuh puluh persen) Populasi penduduk Sambas adalah bertani, artinya, maju mundur perekonomian kabupaten Sambas ditentukan oleh petani, jadi bagaimana untuk meningkatkan produksi pertanian, Pemerintah memberikan bantuan alsintan kepada kelompok Tani yang ada di Kabupaten Sambas, Rabu ( 16/ 11/2022).

25 % (Dua Puluh Lima Persen) Kebutuhan Beras Di Kalimantan Barat berasal Dari kabupaten Sambas, Artinya, sektor Pertanian kabupaten Sambas luar biasa bagus, Ungkap Bupati.

Pemerintah Daerah Memberikan bantuan melalui APBD Kabupaten Sambas, Guna memaksimalkan Potensi-potensi pertanian yang ada di kabupaten Sambas, Jelas Satono.

Harapan Saya Kepada Poktan maupun Gapoktan bisa memaksimalkan Potensi-potensi pertanian yang ada dengan menggunakan Alat dan Mesin Pertanian yang telah diberikan Oleh Pemerintah Daerah melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.

Sebanyak 176 Unit Alat dan Mesin Pertanian diserahkan Kepada kelompok Petani, kalau di Nominalkan, kurang lebih 5 Miliar Rupiah.

Jaga dan Rawat Alat Ini, karena Anggaran kita sangat terbatas, maksimalkan penggunaan alat yang diberikan, alat akan dirawat oleh dinas terkait, sehingga bisa dimanfaatkan oleh Poktan- Poktan yang ada di Desa Masing-masing, Ungkap Bupati.

Kepala Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas, H. Musanif

Kepala Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas, H. Musanif, Menjelaskan, Bahwa Pemerintah memberikan bantuan Alat dan Mesin Pertanian kepada Petani, Poktan maupun Gapoktan agar bisa mengolah lahan- lahan Pertanian, maupun Kegiatan Panen, Rabu (16/11/2022).

Pada intinya, supaya Petani bisa meningkatkan Produktivitas Usaha tani nya.

Jaga dan Rawat Alat dan Mesin Pertanian yang sudah diberikan oleh Pemerintah Daerah, Manfaat semaksimal mungkin untuk kepentingan bersama, sehingga tunjuan peningkatan dan kesejahteraan para petani bisa tercapai, Tutup Kadis Pertanian.

(Dedi Anggara)

%d blogger menyukai ini: