banner 120x600

Forum Indonesia Menulis laksanakan ICL di Kapuas Hulu

banner 120x600

 

Kapuas Hulu, BorneOneTV.com – Forum Indonesia Menulis (FIM) laksanakan Indonesia Cakap Literasi (ICL) bagian dari Program Organisasi Penggerak di SDN 04 Putusibau. Selasa (31/01/2023).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu yang diwakili oleh Kepala Bidang Ketenagaan bapak Aleksander Gemiung, S.Pd.SD pada hari Senin tanggal 30 Januari 2023. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu sangat mendukung penuh atas kegiatan ICL ini dan berharap kegiatan ini dapat meningkatkan literasi dan karakter yang berdampak pada siswa di sekolah masing-masing. Ujar Gemiung

Direktur FIM, Fahrul Arrazi menjelaskan bahwa, Indonesia Cakap Literasi (ICL) adalah program tahun ketiga yang dilaksanakan oleh Forum Indonesia Menulis (FIM) bagian dari program Kemendikbudristek RI yaitu Program Organisasi Penggerak (POP). ICL merupakan pelatihan peningkatan literasi dan karakter. Kegiatan di ikuti 107 peserta yang terdiri dari kepala sekolah dan guru tingkat SD dan SMP. Tingkat SD terdiri dari 2 kelas yaitu kelas SD-A berjumlah 34 peserta dan SD-B berjumlah 37 peserta. Sedangkan tingkat SMP terdiri satu kelas dengan jumlah 26 peserta.

Salah satu narasumber, Aswan mengakatan, pada kegiatan ini, peserta dilatih menulis cerita, artikel berita dan artikel majalah. Dalam kelas menulis cerita, peserta diminta untuk menulis cerita kearifan lokal atau budaya sekitar yang nantinya akan di praktikan oleh peserta didik di kelas. Kelas artikel berita, peserta diminta untuk menulis berita tentang kegiatan yang dilakukan di sekolah untuk di upload di webside maupun media sosial sekolah. Hal ini merupakan bagian dari pemanfaatan teknologi digital dalam Pendidikan untuk mempromosikan sekolah. Sedangkan kelas artikel majalah, peserta diminta untuk menulis majalah dengan mengangkat kearifan lokal.

“Output atau prodak dari kegiatan ini ialah Buku Antologi Cerita (Produk dari Guru Tampil Bercerita), Buku Antologi Berita Kegiatan Sekolah (Produk dari Kelas Jurnalistik), Majalah Literasi (Produk dari Kelas Jurnalistik), Dokumentasi Video Kreatif Praktik Literasi (Produk dari Kelas Berkisah) dan Akun di Aplikasi Literasi Digital – FIM App (Produk dari Kelas Literasi Digital)”. Ujar Aswan

Selama kegiatan berlangsung, peserta didampingi oleh mentor dalam penyelasaian naskah atau video. Mentor juga melakukan inventarisasi, editing dan layout dari naskah peserta sehingga menjadi sebuah buku.

Selama kegiatan, peserta terlihat sangat antusias dan merasa bangga bisa terlibat dalam kegiatan ini. Disini, kami dibimbing dalam penulisan cerita, berita maupun majalah sehingga menjadi sebuah karya. Ujar Widodo ( tim )

%d blogger menyukai ini: