banner 120x600

Penghasil Gabah diterjang banjir, Dewan pertanyaan tanggungjawab perusahaan perkebunan

banner 120x600

Kabupaten Landak, – Dusun Nyawan kembali diterjang banjir, Minggu, 29 Januari 2023, penyebab utama tidak adanya sumber resapan yang baik akibat rusaknya hutan, seiring bencana itu, dewan pertanyaan tanggung jawab perusahaan perkebunan, rabi , 01 februari 2023.

“Inilah kondisi Kampung nyawan, Desa Nangka, Kecamatan Menjalin, kondisi ini terjadi setiap kali hujan deras, akibat tidak adanya lagi hutan resapan penahan air dari hulu kampung, penyebabnya adalah Perusahaan Perkebunan kelapa Sawit, ya itu PT. Landak Agro utama dan PT. Hilton Duta Lestari,” kata Sukardi, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Landak.

Menurutnya kondisi tersebut seharusnya tidak terjadi, jika kedua perusahaan perkebunan tersebut mau berkerjasama dalam mengatasi banjir dengan membuat kanal atau parit gajah dihulu sungai agar jika terjadi hujan deras tidak mengakibatkan sawah masyarakat dan fasilitas publik lainya terendam air.

“Sebenarnya kondisi ini bisa di atasi kalau kedua PT yg beroperasi di wilayah ini mau bekerja sama dan sedikit memikirkan keberadaan masyarakat yg mengantungkan hidup dari hasil pertanian, mereka bisa membuat kanal atau semacam parit gajah, dihulu sungai sebelum air dan pasir mengalir ke sawah-sawah masyarakat, dan membuat sawah jadi tertimbun pasir, fasilitas publik seperti jalan-jalan rusak, situs keramat sebagai wujud kearifan lokal masyarakat hilang tinggal cerita, akibat air dan pasir yg menyumbat aliran sungai”, Ungkapnya.

Lebih lanjut, Ardi menanyakan janji perusahaan kepada masyarakat untuk melakukan normalisasi sungai, sebagai langkah bijak perusahan dalam mengatasi banjir di wilayah dusun Nyawan.

“Kurang lebih 2 tahun lalu PT. Landak Agro Utama pernah berjanji akan melakukan Normalisasi, namun sampai saat ini janji itu hanya tinggal janji”. Pungkasnya.

Diketahui dusun Nyawan merupakan salah satu wilayah penghasil gabah terbesar di Kabupaten Landak dan masyarakat yang bermukim di wilayah tersebut berpenghasilan utama ialah pertanian. (Kris)

%d blogger menyukai ini: