banner 120x600

BIN Bina Generasi Muda Melalui PYCH Demi Tingkatkan Prestasi

banner 120x600

Jayapura, borneonetv.com – Gedung Papua Youth Creative Hub atau PYCH di Jayapura Papua, mendapat apresiasi dari segenap masyarakat Papua, khususnya para pemuda, sebagai generasi muda penerus bangsa. PYCH dibangun untuk membina, bahkan melahirkan anak muda Papua berprestasi.

Salah satu generasi muda Papua, Vitha Faidiban mengatakan, gedung PYCH ini sangat luar biasa dan mampu membantu para anak muda Papua untuk terus berkreasi dan berinovasi.

“Dengan kehadiran gedung itu, membantu para generasi muda Papua dalam membuat banyak karya dan melakukan segala hal yang bisa mereka lakukan untuk kebaikan seluruh masyarakat di Tanah Papua,” kata Vitha.

Perwakilan Pemuda Papua itu juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan.

“Terima kasih kepada Presiden Jokowi dan Kepala BIN atas dukungan dalam pembangunan gedung PYCH dan semua program yang dirasakan oleh anak muda Papua,” ujar perwakilan pemuda lainnya, Paulina Ruwayari.

PYCH menjadi sarana bagi para pemuda Papua untuk menyalurkan bakat dan meningkatkan kreativitasnya. Gerakan kepemudaan yang merupakan binaan dari Badan Intelijen Negara (BIN), berkomitmen untuk terus semangat berkarya demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Papua.

Untuk diketahui, Badan Intelijen Negara (BIN) menginisiasi pembangunan Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH). Apalagi, terwujudnya kesejahteraan masyarakat di Tanah Papua ini sesuai dengan Intruksi Presiden No. 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

Di dalam label PYCH, generasi muda juga diajarkan mengenai teknologi Informasi. Anak muda Papua dilatih untuk melek internet sehingga memiliki daya saing untuk berbisnis dalam skala internasional, mampu mengembangkan diri kearah yang positif, seperti cara berkomunikasi yang baik, termasuk kemampuan bahasa inggris.

Selain itu, generasi muda yang bernaung dalam PYCH menggencarkan program pertanian sebagai salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan ketahanan pangan Papua.

Sejumlah kelompok petani binaan telah berhasil panen jagung beberapa kali, salah satunya di kawasan Kampung Kwadeware dan Kampung Doyo Lama, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Papua. Panen dilakukan di lahan 7,5 hektar dengan hasil sekitar 16,1 ton.

Selain itu, Papua Youth Creative Hub (PYCH) akan menjadi label semua produk turunan atau hasil olahan jagung hasil panen masyarakat yang dibina oleh BIN.

Salah satu tokoh perwakilan Pemuda, Daud Edison Yarisetouw menjelaskan, hasil panen akan dibeli oleh CV Tripilar Perkasa untuk dijadikan pakan ayam. Produk pakan ayam nanti akan dikemas dengan label PYCH.

“Kami mengadakan panen bersama. Jadi di lahan ini panennya bertahap. Ini (program penanaman jagung) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya ketahanan pangan,” kata Daud kepada media. [Adang]

%d blogger menyukai ini: