banner 120x600

BI Kalbar Siapkan 3,5 Triliun Untuk Penuhi Kebutuhan Uang Selama Ramadhan dan Idul Fitri 2023

banner 120x600

Pontianak,BorneOneTV– Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Kalimantan Barat (Kalbar) menyediakan uang senilai 3,5 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2023.

Kepala KPw BI Kalbar, Anggini Sari menyampaikan bahwa proyeksi kebutuhan uang selama periode Ramadhan 2023 naik 13% yaitu sebesar 3,5 triliun dari tahun 2022 yaitu sebesar 3,1 triliun.

“Dan secara khusus dirinya juga mengucapakan terima kasih atas kerjasama dan koordinasi pimpinan bank yang mendukung secara langsung kegiatan layanan penukaran uang dan kas keliling bersama yang akan dilakukan secara serentak di Kalimantan Barat mulai hari ini tanggal 27 Maret 2023.”Ucapnya.

Ia menambahkan, sesuai siklus tahunan, pada periode puasa dan lebaran selalu terjadi peningkatan kebutuhan uang tunai dan non tunai untuk berbagai keperluan transaksi masyarakat. Begitu puasa dimulai masyarakat juga mulai melakukan ritual rutin tahunan dengan melakukan penukaran uang khususnya uang pecahan kecil yang masih baru atau fresh from the oven, masih bau pabrik katanya.

“Sesuai amanat UU, Bank Indonesia merupakan satu-satunya lembaga yang berwenang untuk mengeluarkan dan mengedarkan uang Rupiah serta mencabut, menarik dan memusnahkan uang dari peredaran. Untuk itu, ketersedian rupiah sebagai uang kartal dalam nominal yang cukup, jenis pecahan yang sesuai, tepat waktu, dan dalam kondisi yang layak edar (clean money policy) mutlak ada dipelosok terdalam hingga di tepian negeri.”Jelas Anggini Sari.

Lanjut katanya, dalam rangka memenuhi kebutuhan uang masyarakat khususnya di periode Ramadhan, kami menggandeng seluruh perbankan di wilayah Kalimantan Barat untuk bersama-sama melakukan layanan penukaran uang kepada masyarakat, sebagaimana diatur dalam UU No 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang khususnya pasal 22 ayat 4 yang mengatur bahwa kegiatan penukaran uang dilakukan oleh Bank Indonesia, bank yang beroperasi di Indonesia, atau pihak lain yang ditunjuk Bank Indonesia.

“Pada tahun ini kami memperluas layanan penukaran uang, dengan mengintensifkan kerjasama dengan Perbankan di wilayah Kalimantan Barat. Penukaran uang pecahan kecil akan dilayani di 183 titik loket layanan yang tersebar di kantor Bank Umum dan Bank Syariah di wilayah Kalimantan Barat mulai tanggal 27 Maret 2023 sampai dengan 18 April 2023, sesuai jam layanan yang ditetapkan oleh masing- masing perbankan. Layanan penukaran uang tersebut gratis tidak dipungut biaya. Untuk memudahkan masyarakat mengidentifikasi kantor Bank, maka akan dipasang spanduk informasi layanan penukaran di depan kantor masing-masing.”Terang Anggini Sari.

Anggini Sari berharap dengan dilakukannya perluasan titik penukaran, yakni sebanyak 183 kantor bank, maka diharapkan layanan penukaran dapat lebih merata dan menjangkau seluruh wilayah di Kalimantan Barat. Sementara itu Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Barat bersama perbankan juga melayani masyarakat melalui kas keliling di beberapa lokasi seperti halaman kantor gedung Bank Indonesia lama, halaman parkir Mega mall A. Yani, dan halaman parkir Masjid Raya Mujahidin.”Tuturnya.

Anggini Sari mengatakan, pada kegiatan penukaran uang, masyarakat dapat menukarkan seluruh pecahan sesuai dengan kebutuhannya dengan tidak dilakukan pembatasan jumlah penukaran, namun pada pelaksanaannya perlu diatur agar terdapat pemerataan bagi masyarakat yang membutuhkan uang tunai tersebut. Sebagaimana mekanisme penukaran yang telah kami lakukan di hari-hari sebelumnya, penukaran uang di sini juga menggunakan mekanisme proses Aplikasi PINTAR, dalam rangka memudahkan masyarakat untuk melakukan penukaran dimana masyarakat dapat melakukan pemesanan maksimal H-1.”Pungkasnya.(**).

%d blogger menyukai ini: