banner 120x600

Haidar Alwi: Potensi Sumbagsel Luar Biasa

banner 120x600

Jakarta, borneonetv.com – Untuk kali kedua di Ramadhan ini Dewan Pimpinan Pusat Tenaga Pembangunan (TP) Sriwijaya kembali menggelar buka bersama dengan para tokoh dan masyarakat Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), bertempat Ballroom Hotel Ambhara, Jakarta Selatan, Minggu (09/04/2023).

Ketua Umum TP Sriwijaya, Sudirman D Hury, mengatakan bahwa pertemuan ini bersifat rutin berasal dari beragam profesi.
“Dengan saling bertemu antara pesonal dari Sumatera Bagian Selatan dengan beragam profesi yang berbeda diharapkan bisa berkolaborasi dan bersinergi baik untuk masyarakat itu sendiri terlebih untuk program kerja dari pemerintah,” ujar Sudirman yang juga Kakanwil Kemenkumham Sumsel.

Lebih lanjut Sudirman mengatakan bahwa yang menjadi tuan rumah bukber kali ini adalah Haidar Alwi yang merupakan sosok tokoh masyarakat Sumbagsel.
“Buka puasa kali ini tuan rumahnya adalah Pak Haidar Alwi yang selalu support setiap kegiatan TP Sriwijaya dan ini sangat positif untuk organisasi ini sendiri. Maka dari itu maka kamipun akan selalu support setiap agenda beliau baik untuk masyarakat Sumbagsel itu sendiri terlebih untuk lingkup yang lebih nasional,” sambung Sudirman.

Sementara itu Haidar Alwi yang juga politisi partai Hanura dalam sambutannya mengatakan, Sumbagsel yang terdiri atas 5 provinsi seperti, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jambi, Bangka Belitung dan Lampung merupakan daerah yang memiliki potensi alam yang sangat kaya-raya.
“Kelima provinsi ini terkenal memiliki sejuta potensi, seperti sistem pertanian, tambang batubara, nikel, emas, juga ada potensi perikanan yang juga luar biasa. Berkaca dari hal ini seharusnya Sumatera Bagian Selatan lebih maju dari saat ini,”ujar Haidar yang ternyata merupakan cucu dari Sultan Mahmud Badaruddin I.

Dikatakan Haidar, potensi batubara yang melimpah di Sumsel sudah menjadi bukti yang tak terbantahkan besar dan manfaatnya.
“Potensi batubara di Sumbagsel apabila di konversi menjadi listrik dapat memenuhi kebutuhan selama 1500 tahun. Sebesar 87% listrik di Jawa di penuhi oleh SDA Muara Enim Sumsel yang merupakan bagian dari Sumbagsel,” sambung Haidar yang juga merupakan ketua Aliansi Relawan Jokowi ini.

Masih menurut Haidar, di Kecamatan Pendopo Kabupaten Lahat Sumsel ditemukan ladang gas baru yang diprediksi apabila di explorasi maka negara meraup keuntungan yang sangat besar.
“Apabila ladang gas di Pendopo ini di explorasi maka akan bisa melunasi hutang Indonesia saat ini sebesar 10.000 triliun karena di duga kandungan ini bernilai sebesar 17.000 triliun dengan asumsi kurs dolar pada saat itu senilai Rp 14.000 dan akan mencukupi kebutuhan gas tidak hanya di Indonesia dan Asean akan tetapi juga di Asia,” ujar Haidar.

Begitu juga hasil dari provinsi lainnya seperti Bengkulu, Jambi, dan Babel serta Lampung.

Potensi Sumber Daya Manusia
Menyongsong pilpres 2024, Sumbagsel ternyata merupakan ladang suara sebesar lebih dari 32juta suara merupakan suara terbanyak setelah Jawa yang meliputi provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jogjakarta dan Jawa Timur.

Untuk diketahui saat ini terdapat beberapa nama yang duduk di kementerian berasal dari Sumbagsel seperti Mendagri Tito Karnavian, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri KLHK, Siti Nurbaya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Acara safari Ramadhan kali ini selain dihadiri ratusan masyarakat dari lima provinsi tersebut juga dihadiri oleh Sri Eliza Alex Nurdin (Istri Alex Nurdin), Prof. Dr. H. Jimly Asshiddiqie, S.H., MH,  Tri Firdaus Akbarsyah, SH. MH, (Sekjen Ikatan Notaris Indonesia) dan tokoh masyarakat Bengkulu, H. Yahya Maya Sakti (Sekjen SPP TP Sriwijaya), Dr. H. Anwar Fuadi, S.H., M.H (Aktor Senior & Politisi HANURA). [Adang]

%d blogger menyukai ini: