banner 120x600

Pushidrosal Menerima Kunjungan Siswa SMKN 2 Yogyakarta

banner 120x600

Jakarta, borneonetv.com – Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menerima kunjungan siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Yogyakarta bertempat di Ruang serbaguna Pushidrosal, Jakarta Utara, Rabu (10/5/2023).

Kedatangan rombongan yang dipimpin Irsan Roseno selaku Koordinator dan 2 guru pendamping beserta siswa SMKN 2 Yogyakarta berjumlah 35 siswa yang diterima oleh Kadispeta Pushidrosal Kolonel Laut (P) Agus Sutrianto mewakili Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Nurhidayat.

Dalam sambutannya Danpushidrosal yang dibacakan oleh Kadispeta mengatakan, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2019 tentang susunan organisasi Tentara Nasional Indonesia. Pushidrosal merupakan lembaga pemerintah di bawah organisasi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) yang bertugas menyelenggarakan pembinaan hidro-oseanografi yang meliputi survey, penelitian, pemetaan laut, publikasi, penerapan lingkungan laut dan keselamatan navigasi pelayaran baik untuk kepentingan TNI maupun untuk kepentingan umum.

Untuk kepentingan militer, Pushidrosal bertanggung jawab dengan menyediakan data dan informasi hidro-oseanografi sebagai data dasar yang akan digunakan sebagai bahan analisis strategi pertahanan nasional.

Sedangkan sebagai lembaga hidrografi nasional, Pushidrosal mempunyai tanggung jawab untuk memberikan jaminan keselamatan navigasi pelayaran di seluruh wilayah perairan yurisdiksi NKRI.

Dalam kunjungan tersebut, siswa SMKN 2 Yogyakarta dengan agenda kunjungan Industri Teknik Geomatika di berikan paparan oleh Kadisserprof Pushidrosal Kolonel Laut (KH) Kukuh Suryo Widodo tentang peran Pushidrosal dalam mendukung pembangunan Indonesia sebagai poros maritim dunia dan Perwira Dispeta Pushidrosal Letkol Laut (KH) Muhammad Qisti Amarona tentang pemetaan laut, yang dilanjutkan diskusi dan Tanya jawab.

Dalam kesempatan tersebut siswa SMKN 2 Yogyakarta diajak berkunjung ke satuan kerja di lingkungan Pushidrosal yang berkaitan langsung dengan hidrografi dan pemetaan diantaranya Dinas Pemetaan, Dinas Produksi dan Distribusi serta museum Pushidrosal.

%d blogger menyukai ini: