banner 120x600 banner 120x600

Apresiasi Dunia Atas Presidensi KTT ASEAN Indonesia

banner 120x600

Manggarai Barat, borneonetv.com – KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), telah selesai digelar. Indonesia kembali berhasil membuktikan kemampuannya dalam menyelenggarakan event berstandar internasional. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya apresiasi dan pujian untuk Indonesia sebagai tuan rumah pelaksananaan KTT tersebut.

Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi susksesnya KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo.

Menurutnya, moment ini menjadi sebuah kehormatan bagi Timor Leste yang untuk pertama kalinya hadir pertama di KTT ASEAN.

Ruak juga menyatakan komitmennya bahwa Timor Leste akan mengikuti alur yang ditetapkan untuk menjadi anggota penuh ASEAN.

“Timor Leste akan menaati tindak lanjut Peta Jalan yang disepakati bersama-sama dengan anggota ASEAN lain,” katanya.

Dalam konferensi pers resmi di media centre KTT ASEAN, Hotel Bintang Flores, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Presiden Jokowi mengatakan bahwa Indonesia ingin melihat ASEAN kuat, mampu menghadapi tantangan, tanggap terhadap dinamika, dan tetap memegang peran sentral di kawasan.

“Oleh karena itu, kemarin saya ajak para leader berlayar bersama naik kapal phinisi, agar suasananya relaks dan kekeluargaan,” ungkap Presiden Jokowi, di Labuan Bajo (11/5).

Pada saat itu, Presiden Filipina, Ferdinand R. Marcos Jr., mengakui bahwa kegiatan tersebut merupakan ide yang sangat baik untuk menjernihkan kembali pikiran selepas seharian bekerja.

“Seperti yang dijanjikan oleh Presiden Widodo adalah kita datang ke kapal dan kita tidak terlalu memikirkan ekonomi dan masalah, keamanan, dan itu benar sekali, itu ide yang sangat bagus untuk menjernihkan pikiran Anda jadi kembali ke bekerja dan menyegarkan,” tutur Presiden Filipina.

Pangeran Abdul Mateen dari Brunei Darussalam bahkan mengungkap bahwa dirinya sangat menikmati perjalanan dengan kapal Lako Di’a tersebut.

Bukan hanya para kepala negara, namun insan media asing juga banyak yang memberikan apresiasinya terhadap rangkaian pelaksanaan KTT ASEAN, khususnya apresiasi terhadap tersedianya media centre sebagai tempat para jurnalis melakukan pekerjaannya.

Salah satu Jurnalis Xinhua News Agency asal Tiongkok, Qin Xu mengatakan bahwa apresiasi layak diberikan kepada pengelola Media Centee KTT ke-42 ASEAN karena mempermudah kerja jurnalis ditengah padatnya kegiatan KTT ASEAN.

“Jaringan internet di Media Center KTT ASEAN c cepat, dan bagus sehingga memudahkan pengiriman berita,” kata Qin, seperti yang dikutip dalam situs InfoPublik di Media Center KTT ASEAN ke-42 ASEEAN 2023, Labuan Bajo.

Untuk diketahui, dalam KTT ASEAN kali ini, Indonesia berhasil mendorong terciptanya sejumlah perjanjian kerjasama dan deklarasi, antara lain pernyataan bersama menentang kekerasan di Myanmar, ASEAN Leaders’ Declaration on Advancing Regional Payment Connectivity and Promoting Local Currency Transaction dan ASEAN Leaders’ Declaration on Combating Trafficking in Persons Caused by The Abuse of Technology.

Indonesia juga sukses mendorong Deklarasi tentang Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik Regional, guna mencapai target emisi net-zero, dan meningkatkan ketahanan energi di setiap Negara Anggota ASEAN dan di daerah. [-red]

%d blogger menyukai ini: