banner 120x600

Jelang HUT RI ke-78 Korps Brimob Polri Gelar Apel “Deklarasi Kebangsaan Indonesia”

Ketua Majelis Rektor PTN Indonesia Ganefri di dampingi Danko Brimob Komjen Anang Revandoko sedang memberikan keterangan terkait Deklarasi Kebangsaan Indonesia yang di gelar di lapangan Mako Brimob Kelapa Dua Depok, Rabu (16/08/2023). Foto; Borneonetv/Adang
banner 120x600

Jakarta, borneonetv.com – Korps Brimob Polri mengadakan apel ‘Deklarasi Kebangsaan Indonesia’ di Depok, dihadiri oleh rektor dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi.

Ketua Majelis Rektor PTN Indonesia, Ganefri, mengungkapkan bahwa Korps Brimob Polri berencana memberikan edukasi kepada mahasiswa baru di kampus mengenai pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
“Mako Brimob ini memiliki pasukan di seluruh wilayah Indonesia, di 134 provinsi, dan semua perguruan tinggi ada di sana. Dengan MoU ini, kami mengajak Brimob untuk memberikan edukasi kepada mahasiswa, terutama yang baru masuk kuliah,” ujar Ganefri kepada wartawan di Mako Brimob, Depok, Rabu (16/8/2023).

Edukasi ini akan melibatkan Brimob dalam memberikan materi yang mendorong rasa cinta Tanah Air dan kebangsaan kepada mahasiswa. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa mahasiswa memiliki pemahaman yang kuat tentang identitas bangsa dan tidak mudah terpengaruh oleh provokasi.

Ganefri mengungkapkan hampir di berbagai daerah, mahasiswa melibatkan pihak Brimob untuk memberikan materi, terutama dalam menjaga NKRI dan menumbuhkan rasa kebangsaan serta cinta kepada NKRI.
“Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan materi cinta Tanah Air yang disampaikan oleh Brimob Polri dapat lebih mudah tersebar hingga ke perguruan tinggi di berbagai daerah. Melalui MoU ini, upaya untuk memperkuat semangat cinta Tanah Air di kalangan mahasiswa akan lebih terpadu, baik di kota maupun daerah,” kata Ganefri yang juga merupakan rektor dari Universitas Negeri Padang.

Sebanyak 2023 perserta dari berbagai kampus ikut serta dalam Deklarasi Kebangsaan Indonesia yang diadakan oleh Korps Brimob Polri di Mako Brimob Depok. Foto: Borneonetv/Adang

Komandan Korps Brimob Polri, Komjen Anang Revandoko menambahkan bahwa materi edukasi yang akan diberikan mencakup berbagai aspek mengenai Indonesia, termasuk lagu-lagu nasional, Pancasila, dan UUD 1945. Hal ini dilakukan sebagai langkah preventif untuk mencegah generasi muda mudah terprovokasi.
“Kisi-kisi pasti jelas, kita semua udah jelas ini Indonesia, menyanyikan Indonesia Raya, bicara Pancasila, bicara UUD 1945, bicara Padamu Negeri. Ini harus kita urai bersama-sama lagi, negara yang sangat luas sangat kaya pemahaman ini harus satu kata semua antara generasi muda-muda kita dengan teman kita lagi,” jelasnya.

Sebanyak 2023 peserta mengikuti apel ‘Deklarasi Kebangsaan Indonesia’ yang diadakan oleh Korps Brimob Polri di Mako Brimob Kelapa Dua Depok adalah langkah penting untuk menyatukan semangat cinta tanah air di kalangan mahasiswa dan masyarakat. [Adang]

%d blogger menyukai ini: