banner 120x600

Pushidros TNI AL Adakan Latihan Satuan Pushidrosal TA 2023

banner 120x600

Jakarta,  borneonetv.com –  Pusat Hidro Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) mengadakan pelatihan Satuan Pushidrosal TA 2023 bertempat di Lounge Room Perwira Pushidrosal, Ancol Timur Jakarta Utara, Selasa, (12/9/2023).

Latihan Satuan Pushidrosal TA 2023 tersebut dibuka oleh Asopssurta Danpushidrosal Laksamana Pertama TNI Dyan Primana Sobaruddin, dihadiri oleh Aspers Danpushidrosal, Asrena Danpushidrosal, para Kasatker terkait, serta Perwira Staf terkait.

Pelatihan Satuan Pushidrosal TA 2023 diikuti oleh 80 orang, terdiri dari 70 peserta dan 10 instruktur dengan pelajaran diberikan berupa teori dan praktek akuisisi dan pengolahan data baik Hidrografi, Oseanografi maupun Meteorologi dengan pelaksanaan dimulai tanggal 12 September hingga 20 Oktober 2023.

Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Nurhidayat dalam amanatnya yang dibacakan Asopssurta Danpushidrosal mengatakan, dalam meningkatkan kemampuan kesiapan dalam bidang operasional, profesionalisme prajurit, keterpaduan antar unit tugas serta memelihara dan meningkatkan kemampuan satuan-satuan kerja ujung tombak pelaksana teknis, antara lain : Dinas Hidrografi, Dinas Oseanografi dan Meteorologi, Dinas Nautika, Dinas Geografi Maritim, Dinas Pemetaan, serta staf kerjasama dan perbatasan dalam mendukung fungsi Pushidrosal.

Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan serta memelihara kesiapan operasi satuan kerja di bawah Pushidrosal guna mendukung fungsi Pushidrosal yang meliputi fungsi militer, fungsi pelayanan umum, fungsi penerapan lingkungan laut dan fungsi diplomasi bidang hidrografi dan batas maritim.

Dalam skala internasional, Pushidrosal sebagai member state IHO akan memprioritaskan program produksi S-101 dan S-10x terpilih lainnya, guna mendukung pemberlakuan dual fuel ECDIS pada tanggal 1 Januari 2026 sesuai persetujuan IMO.

Untuk mendukung hal tersebut Pushidrosal perlu memproduksi dataset S-101 dalam jumlah yang substansial untuk operasional di ECDIS S-100 pada tahun 2025. Dengan demikian, Pushidrosal harus melakukan tes atau uji konversi dan produksi S-101, S-102, S-104, S-111, dan S-122.

Atas dasar tersebut, latihan satuan Pushidrosal tahun 2023 juga akan diarahkan dan di tingkatkan guna memelihara kesiapan operasi Pushidrosal yang meliputi fungsi militer, fungsi pelayanan umum, fungsi penerapan lingkungan laut dan fungsi diplomasi bidang hidrografi dan batas maritim dalam rangka menyongsong era S-100.

%d blogger menyukai ini: