banner 120x600 banner 120x600

Polres Singkawang Amankan 4,052 Kg Sabu Asal Malaysia Dan 8 Tersangka

banner 120x600

Singkawang, borneonetv.com – Satresnarkoba Polres Singkawang berhasil mengamankan narkotika yang diduga jenis sabu sebanyak 4,052 Kg dari 8 tersangka tindak pidana narkotika di wilayah Polres Singkawang sepanjang bulan Oktober 2023.

Kapolres Singkawang AKBP Arwin Amrih Wientama mengatakan pihaknya mengamankan 8 tersangka dalam kasus ini.
“Narkotika jenis sabu sebanyak ini berhasil diamankan dari 8 tersangka dari lokasi yang berbeda,” kata Arwin saat memimpin press rilis pengungkapan kasus tindak pidana narkotika di Mapolres Singkawang, Jumat (20/10).

Turut hadir dalam press rilis tersebut sejumlah pejabat, antara lain Pj Wali Kota Singkawang, Dandim 1202//Skw, Kejari Singkawang, Ketua PN Singkawang, Kepala BNNK Singkawang dan Kalapas Kelas IIB Singkawang.

Kapolres menjelaskan, pengungkapan narkotika sebanyak 4,052 Kg itu didapatkan dari 8 tersangka seperti dua tersangka berinisial L dan P.

Kedua tersangka ini berhasil diamankan pada Senin (16/10) tepatnya di Kecamatan Singkawang Tengah.

“Dari kedua tersangka, anggota berhasil mengamankan barang bukti yang diduga narkotika jenis sabu sebanyak 4 kantong plastik merek Teh China yang di duga berisi narkotika jenis Sabu dengan berat bersih 4 Kg,” jelas mantan Kapolres Kukar Kaltim ini.

Selain itu, anggota juga mengamankan barang bukti lainnya dari kedua tersangka yaitu berupa uang ringgit Malaysia senilai 216 ringgit dan uang rupiah senilai 8 juta dan satu buah ponsel milik tersangka.

Berdasarkan hasil awal pemeriksaan, katanya, jika narkotika jenis sabu tersebut tersangka dapatkan dari Malaysia. Dan akan diedarkan di wilayah Singkawang serta beberapa kabupaten yang ada di Kalbar.
“Namun kita bakal terus melakukan pengembangan guna mengungkap siapa-siapa saja yang terlibat dalam kasus tindak pidana narkotika khususnya jaringan International ini,” ujarnya.

Menurut pengakuan tersangka, jika kegiatan terlarang ini baru pertama kali dilakukan. Yang mana motivasinya, jika salah satu dari tersangka mengalami beban hutang kredit sehingga terpaksa melakukan hal tersebut.

Selain itu, Satresnarkoba Polres Singkawang juga berhasil mengamankan barang bukti narkotika jenis sabu dari beberapa tersangka selama bulan Oktober 2023.

Antaralain, penangkapan kepada tersangka berinisial I, pada 2 Oktober di Kecamatan Singkawang Utara.

“Dari tersangka I anggota berhasil mengamankan barang bukti yang diduga narkotika jenis sabu sebanyak 13 paket dengan berat bersih 6,45 gram,” ungkap Arwin.

Kemudian, di hari yang sama anggota Satresnarkoba Polres Singkawang kembali mengamankan seorang pria berinisial AP juga di Kecamatan Singkawang Utara.

“Dari tersangka AP, anggota berhasil mengamankan barang bukti yang diduga narkorika jenis sabu aebanyak 37 paket dengan berat bersih 71,28 gram,” jelasnya.

Penangkapan berikutnya dilakukan kepada tersangka berinisial E di Kecamatan Singkawang Barat.

“Dari tersangka, anggota berhasil mengamankan barang bukti yang diduga narkotika jenis sabu sebanyak 5 paket kantong plastik dwngan berat bersih 0,77 gram,” katanya.

Kemudian di tanggal 7 Oktober kembali dilakukan penangkapan kepada tersangka H di Kecamatan Singkawang Tengah.

“Dari tersangka H anggota berhasil mengamankan barang bukti yang diduga narkotika jenis sabu sebanyak  satu paket kantong plastik klip dengan berat bersih 0,82 gram,” ujarnya.

Selanjutnya anggota Satresnarkoba Polres Singkawang kembali mengamankan tersangka berinisial BCB di Kecamatan Singkawang Selatan pada 14 Oktober 2023.

“Dari tersangka BCB, anggota berhasil mengamankan barang bukti yang diduga narkotika jenis sabu sebanyak 6 paket kantong plastik dengan berat bersih 0,38 gram,” jelasnya.

Kemudian, dihari yang sama, anggota Satresnarkoba Polres Singkawang kembali mengamankan tersangka berinisial FH di Kecamatan Singkawang Barat.

“Dari tersangka FH, anggota berhasil.mengamankan barang bukti yang diduga narkotika jenis sabu sebanyak 3 paket kantong plastik dengan berat bersih 0,54 gram,” kata mantan Kasat Reskrim Polresta Barelang Batam ini

Secara keseluruhan, total barang bukti yang diduga narkotika jenis sabu yang berhasil diamankan dari 8 tersangka ini adalah sebanyak 4,052 Kg.

“Dengan begitu, Polres Singkawang berhasil menyelamatkan sebanyak 40.521 orang warga Singkawang dari penyalahgunaan narkotika dengan asumsi satu gram sabu dapat digunakan sebanyak 10 orang,” ujar lulusan Akpol 2002 ini.

Sementara Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada jajaran Polres Singkawang yang telah menunjukkan kinerja yang sangat baik.
“Pengungkapan ini tentunya melalui proses yang tidak gampang, namun dengan usaha yang keras sehingga barang bukti narkotika ini dapat diamankan guna mencegah tindak dan prilaku yang menyimpang,” kata Sumastro.

Selanjutnya dia berpesan kepada warga Singkawang untuk hidup sehat dengan menghindari narkoba.
“Kepada warga Singkawang, jauhilah narkoba agar kita dapat hidup sehat, bersih dan capailah masa depan yang lebih baik,” pesannya.

%d blogger menyukai ini: