banner 120x600

Siapkan Content Creator Masuk Ekosistem Virtual, Nusameta Luncurkan Inovasi Creator Tools

Ribuan Content Creator terlibat aktif  terlibat dalam ekosistem virtual Nusameta

banner 120x600

Jakarta, borneonetv.com – Nusameta (PT Metaverse Indonesia Makmur), anak perusahaan WIR Group, resmi meluncurkan Nusameta Creator Tools yang memungkinkan para content creator membangun experience dan interaksi di dalam ekosistem virtual Nusameta. Ekosistem Nusameta merupakan sebuah wadah yang bersifat dinamis dan interaktif dengan tujuan untuk meningkatkan peluang ekonomi, hiburan, engagement, dan pengalaman. Fokus utama Nusameta sendiri adalah meningkatkan konektivitas dan berkontribusi pada masa depan ekonomi yang lebih adil bagi Indonesia.

Gupta Sitorus, selaku Group Chief Sales and Marketing Officer WIR Group mengungkapkan, “Nusameta Creator Tools, akan menjadi sarana bagi para content creator untuk terlibat dalam pembangunan ekosistem virtual Nusameta. Creator Tools mendorong keterlibatan para content creator, komunitas dan semua elemen masyarakat dalam pembangunan ekosistem virtual Nusameta yang kami harap juga bisa menciptakan sense of belonging terhadap ekosistem virtual ini.  Melalui tools ini para content creator dapat berkreasi. menciptakan berbagai macam pengalaman, konten yang menghibur, mengedukasi, dan menginspirasi pengguna Nusameta. Inisiatif ini sejalan dengan visi dan misi Nusameta dalam memperluas adopsi penggunaan ekosistem virtual.”

Selain sebagai sebuah perangkat kreatif, Nusameta Creator Tools juga memfasilitasi pengembangan, pengelolaan, dan peningkatan pengalaman pengguna melalui aplikasi Nusameta. Sesuai visi jangka panjang Nusameta untuk berkontribusi pada masa depan ekonomi bangsa yang lebih baik dan berkelanjutan, penggunaan Nusameta Creator Tools secara efektif dapat meningkatkan visibilitas dan mengoptimalkan kinerja konten secara keseluruhan dalam rangka mendukung transformasi digital yang berkelanjutan dengan tetap menjunjung nilai-nilai dan budaya kebangsaan. Salah satu contoh bagaimana content creator dapat berperan untuk melestarikan nilai dan budaya bangsa sejalan dengan transformasi digital Indonesia  antara lain adalah dengan membuat konten yang menarik dan interaktif terkait promosi dan pelestarian warisan budaya Indonesia. Mereka dapat menciptakan konten yang mendokumentasikan, mengulas, atau mengenalkan tradisi, cerita rakyat, seni, dan nilai-nilai budaya Indonesia kepada khalayak yang lebih luas. Dengan melibatkan audiens, mereka membantu mewariskan pengetahuan budaya dari generasi ke generasi.

Sejalan dengan hal tersebut, Gupta menambahkan “Kami merasa sangat terhormat dan terinspirasi oleh respon yang luar biasa dari komunitas kreator yang telah memilih untuk bergabung dengan ekosistem virtual kami. Saat ini, ribuan kreator aktif terlibat dalam ekosistem virtual kami. Kami meyakini bahwa kolaborasi yang erat dengan para kreator adalah kunci untuk menciptakan pengalaman yang imersif di dunia virtual, dan kami memahami sepenuhnya peran penting mereka dalam mewujudkan visi Nusameta. Dengan tekad yang kuat, kami akan terus menyediakan dukungan yang diperlukan oleh para kreator tersebut dalam proses perjalanan kreatif mereka.”

Ekosistem virtual Nusameta akan menawarkan berbagai fitur seperti :
Betapersona untuk menciptakan avatar,  serta mengkostumisasi identitas virtual pengguna.
Nusastudio, menawarkan kemudahan dalam pembuatan dunia virtual seperti scripting visual, pengaturan aset, impor aset, publikasi ke platform, dan fitur-fitur lainnya.
• Nusamarket, market place berbasis blockchain yang dapat mengelola semua jenis transaksi dalam ekosistem Nusameta.
• Nagara, infrastruktur blockchain yang dapat menggerakkan seluruh ekosistem Nusameta.
• Betapass atau identitas virtual Nusameta, memiliki fungsi sebagai akses menuju kedalam ekosistem Nusameta.

Nusameta berharap dengan diluncurkannya Nusameta Creator Tools ini dapat memberikan pengalaman terbaik kepada komunitas kreator untuk menciptakan konten-konten yang tidak hanya bermanfaat, namun juga dapat dimonetisasi dan berdampak terhadap peningkatan pada sektor ekonomi digital.

***

Tentang PT WIR ASIA Tbk
WIR Group adalah perusahaan teknologi imersif dan Web3 yang berfokus pada Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI) yang sudah membangun solusi platform teknologi Business-to-Business-to-Customer (B2B2C) untuk puluhan industri mancanegara dengan mengkombinasikan teknologi imersif seperti Virtual Reality (VR) & Artificial Intelligence (AI) dan telah mendapatkan 5 (lima) paten global untuk AR yang teregistrasi pada Patent Cooperation Treaty (PCT).

Sejak 2009, WIR Group telah menyelesaikan ribuan proyek dan melayani lebih dari 20 negara termasuk di antaranya Amerika Serikat, Jerman, Spanyol, Nigeria, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Myanmar & banyak lainnya. Selain itu, WIR Group juga telah mendapatkan banyak pengakuan Internasional di antaranya Excellent Communications Design Apps dalam  German Design Award 2020, AR Best Campaign at the Augmented World Expo’s 7th Annual Auggie Awards 2015 dan 2016 di Silicon Valley, Innovation 40 dari The New Economy London di London Stock Exchange, dan Metaverse Tech Companies to Watch in 2022 versi Forbes.

Perseroan dan Perusahaan Anak (selanjutnya disebut sebagai “WIR Group”) kemudian menyelesaikan berbagai proyek di bidang edukasi, penerbitan, dan game. WIR Group pada 2015 memperluas kegiatan usahanya untuk memberikan jasa layanan media/iklan, melalui unit teknologi DAV dan perdagangan ritel melalui Mind Store. Pada 2019, Perseroan membentuk unit teknologi Minar di bawah PT Mata Nilai Republik untuk mengembangkan AR geo location based gaming. Pada 04 April 2022, PT WIR ASIA Tbk atau dikenal WIR Group resmi mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham WIRG.

%d blogger menyukai ini: