banner 120x600

BI Apresiasi dan Dukung Pengembangan UMKM Rumah Belajar Kain Pantang Sintang

banner 120x600

Sintang,BorneOneTV–  Dalam upaya mendukung pengembangan UMKM di bidang fashion dan pengembangan destinasi wisata, Bank Indonesia (BI) menyambut baik dan mengapresiasi pendirian Rumah Belajar Kain Pantang Sintang di Kabupaten Sintang.

Dengan diresmikannya pendirian Rumah Belajar Kain Pantang Sintang pada hari Sabtu, 4 November 2023, diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya pelajar, mahasiswa, dan masyarakat yg memiliki minat pada proses pembuatan wastra pantang ikat Sintang,” ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat N.A. Anggini Sari.

Anggini menambahkan bahwa Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat menyambut baik dan mengapresiasi Galeri Pantang Sintang yang didirikan oleh Pak Dian dan Bu Hetty.

” Rumah Belajar ini juga sebagai upaya pengembangan UMKM bidang fashion dan pengembangan destinasi wisata sebagai salah satu sumber pertumbuhan ekonomi Kalbar, sekaligus dalam rangka pelestarian budaya dengan penggunaan kain pantang pada acara-acara adat,”ucap Anggini.

Anggini mengatakan bahwa  Rumah Belajar ini merupakan salah satu tindak lanjut pengembangan usaha dari Galeri Kain Pantang Sintang, salah satu UMKM binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Barat yang pada perhelatan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2023 tanggal 27 Juli 2023 lalu di Jakarta berhasil menampilkan Kain Tenun Ikat Sintang pada penyelenggaraan fashion show bersama desainer nasional Edward Hutabarat,”ungkapnya.

Lanjut kata Anggini bahwa  Keberadaan Rumah Belajar Kain Pantang Sintang ini selanjutnya juga diharapkan dapat menginspirasi pihak terkait lainnya untuk bersama-sama melestarikan dan mengembangkan Kain Pantang Sintang sehingga mengangkat wastra Kalbar menjadi salah satu wastra yang berkiprah di nasional maupun internasional,” tuturnya.(**).

%d blogger menyukai ini: