banner 120x600

Estafet Kepemimpinan Pushidrosal Berpindah

banner 120x600

Jakarta, borneonetv.com – Komandan Pusat Hidro-Oseanografi Angkatan Laut (Danpushidrosal) resmi diserahterimakan dari pejabat lama Laksamana Madya TNI (Laksdya) Nurhidayat kepada  Laksamana Muda (Laksda) TNI Budi Purwanto, setelah sebelumnya menjabat Wadanpushidrosal.

Upacara serah terima jabatan (Sertijab) tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, di Lapangan  M. Silam Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (20/11/2023).

Pergantian pimpinan Pushidrosal tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor Kep/1286/XI/2023 pada 9 November 2023.

Seperti diketahui, Pushidrosal memiliki tugas penting, yaitu menyelenggarakan survei pemetaan Hidro – Oseanografi militer maupun nasional, yang meliputi survei penelitian, pemetaan laut, publikasi, penerapan lingkungan laut, dan keselamatan navigasi pelayaran serta menyiapkan data dan informasi.

Dalam amanatnya Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, mengatakan jabatan baru ini adalah bentuk apresiasi pemimpin TNI AL atas prestasi, dedikasi, kerja keras dan kemampuan yang dimiliki.

“Semoga kepercayaan tersebut dapat dijawab dengan kinerja dan kontribusi yang lebih baik dalam melanjutkan capaian tugas dan hasil operasi yang telah ditorehkan oleh pejabat sebelumnya,” ujar Kasal.

Menurut Kasal, Pushidrosal telah banyak berkiprah dan memajukan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan TNI Angkatan Laut. Pushidrosal saat ini sudah menjadi anggota International Hydrographic Organization (IHO) dan termasuk yang dipandang di kawasan Asia-Pasifik maupun Asia Selatan.

Lebih lanjut dikatakannya, TNI AL juga berencana akan memperkuat alutsista Pushidrosal dengan satu unit bantuan hidro oseanografi (BHO) sedang dipersiapkan, yang nantinya selain berfungsi sebagai kapal Oseanografi juga akan berfungsi sebagai kapal rescue terhadap kapal selam.

Apresiasi Rekan Pers

Sementara itu Laksdya Nurhidayat memberikan apresiasi kepada rekan-rekan pers yang telah membantunya selama memimpin Pushidrosal.

“Tanpa ada pemberitaan dari rekan-rekan, kita tidak bisa menyampaikan pesan ke luar, termasuk nama rentetan gunung yang besar di Laut Banda yang telah kita temukan bisa disebarluaskan oleh rekan-rekan pers.Ini membuat kebanggan kita sebagai bangsa Indonesia. Itulah peran pers yang sangat luar biasa saat ini,” pungkas Laksdya Nurhidayat.

%d blogger menyukai ini: