banner 120x600

Press Conference Akhir Tahun 2023, Lima Kasus Kejahatan Paling Menonjol di Polres Kapuas Hulu 

banner 120x600

Kapuas Hulu, BorneOneTV.com- Polres Kapuas Hulu menggelar press release akhir tahun 2023, yang disampaikan melalui konferensi pers, terkait situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polres Kapuas Hulu sepanjang tahun 2023.

Konferensi pers tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Hendrawan di Mapolres setempat, Minggu (31/12/2023) malam.

Dalam pemaparannya pada konferensi pers tersebut, AKBP Hendrawan didampingi sejumlah Pejabat Utama Polres Kapuas Hulu dan Kapolsek jajajran. Hendrawan menyampaikan empat materi, yakni bidang pembinaan logistik dan Sarpras, bidang operasional, bidang operasi kepolisian tahun 2023 serta bidang inovasi kreatif tahun 2023.

Adapun bidang pembinaan logistik dan Sarpras, Hendrawan menjelaskan, pada tahun 2023, jumlah personil Polres Kapuas Hulu beserta seluruh Polsek jajaran yakni sebanyak 569 personil, yang terdiri dari 261 personil Polres Kapuas Hulu dan 308 personil Polsek jajaran.

“Tahun 2023 ini personil Polres Kapuas Hulu beserta Polsek jajaran meningkat, dimana pada tahun 2022 lalu personil Polres Kapuas Hulu beserta Polsek jajaran sebanyak 566 personil, yang terdiri dari 259 personil Polres Kapuas Hulu dan 307 personil Polsek jajaran,” ujar Kapolres.

Untuk bidang operasional Polres Kapuas Hulu tahun 2023, lanjut Kapolres, terdapat empat golongan kejahatan, yakni kejahatan konvensional, trans nasional, kekayaan negara dan kontijensi/unras, dengan total laporan sebanyak 94 laporan, di mana 93 diantaranya selesai.

“Jenis kejahatan konvensional ada 82 laporan, di mana yang selesai 81 laporan. Kejahatan trans nasional nihil. Kejahatan kekayaan negara ada 12 laporan, di mana yang selesai 12 laporan pula. Sedangkan jenis kejahatan kontijensi/unras nihil,” terang Kapolres.

Kapolres menjelaskan, sepanjang tahun 2023, ada lima jenis kejahatan yang paling menonjol, yaitu penganiayaan, pencurian, penggelapan, persetubuhan anak dibawah umur dan migas., dengan jumlah 55 laporan, di mana 56 diantaranya selesai karena ada tunggakan kasus di tahun sebelumnya yakni pada tahun 2022 lalu.

“Untuk kasus penganiayaan ada 19 laporan, di mana 21 laporan selesai. Kasus pencurian 17 laporan, semuanya selesai. Kasus penggelapan 8 laporan, semuanya selesai. Kasus persetubuhan anak dibawah umur 6 laporan, 4 diantaranya selesai. Sedangkan kasus migas 6 laporan, 7 laporan selesai,” jelas Kapolres.

Kemudian terkait kasus narkoba sepanjang tahun 2023 trendnya meningkat dari tahun sebelumnya yakni terdapat 31 kasus, di mana 26 diantaranya kasusnya sudah selesai. Dari 31 kasus tersebut, semuanya adalah narkotika jenis sabu, dengan total 121,16 gram.

“Untuk kasus narkoba di tahun 2023 ini masih ada lima kasus yang masih dalam proses sidik,” tutur Kapolres.

Selanjutnya terkait trend penindakan dan pelanggan (Dakgar) lalu lintas pada tahun 2023 ini trendnya meningkat signifikan dibanding tahun sebelumnya, yakni pada tahun 2023 lalu hanya satu tilang, sedangkan pada tahun 2024 ini sebanyak 103 tilang.

“Jumlah penindakan terhadap pelanggar lalu lintas pada tahun 2022 sebanyak satu tilang. Sedangkan pada tahun 2023 sebanyak 103 tilang. Ini dikarenakan pada tahun 2022 lalu adanya Telegram dari Korlantas tentang larangan menggunakan tilang dengan stasioner/hunting, kecuali tilang Etle Mobile (Tilang CCTV) yang diperbolehkan, sehingga penindakan tilang menurun signifikan pada tahun 2022 lalu,karena di Kabupaten Kapuas Hulu tidak ada tilang Etle Mobile,” papar Kapolres.

Kapolres juga menyampaikan terkait Operasi Kepolisian Terpusat Mantap Brata 2023-2024. Dikatakannya, berdasarkan data siap personil Polres Kapuas Hulu dalam pengamanan Pemilu serentak 2023-2024, yaitu sebanyak 199 personil.

“Kita juga ada BKO dari Polda Kalbar sebanyak 60 personil, yang terdiri dari 30 personil Ditsamapta Polda Kalbar dan 30 personil Sat Brimob Polda Kalbar. Sementara untuk personil Polsek jajaran yang siap Pam TPS yakni sebanyak 226 personil. Adapun untuk personil Polres yakni sebanyak 122 personil. Sedangkan personil Polres yang tidak bisa digunakan untuk Serpras sebanyak 70 personil,” sebut Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres menyampaikan, untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru, pihaknya menyediakan empat titik pos, yang terdiri dari pos pengamanan sebanyak satu titik, pos pelayanan sebanyak dua titik dan pos terpadu sebanyak satu titik , di mana hal tersebut dalam rangka operasi terpusat Lilin Kapuas 2023.

“Empat titik pos tersebut terletak di gereja Katolik HSPMTB Putussibau Kecamatan Putussibau Utara, terminal Badau Kecamatan Badau, Simpang Silat Kecamatan Silat Hilir dan Bandara Pangsuma Putussibau Kecamatan Putussibau Selatan. Ini berlangsung selama 12 hari, dimulai sejak tanggal 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024,” bebernya.

Tak hanya itu, Polres Kapuas Hulu juga melakukan operasi kepolisian Aman Batingsor Kapuas 2023-2024, di mana operasi tersebut menindaklanjuti surat telegram Kapolda Kalbar tentang pelaksanaan operasi tersebut guna penanganan bencana banjir, putting beliung dan tanah longsor yang terjadi di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu.

“Kegiatan ini dilaksanakan oleh personil Polres Kapuas Hulu dan Polsek jajaran dengan melibatkan sebanyak 104: personil yang didukung pula oleh instansi terkait, di mana operasi tersebut dilaksanakan selama 10 hari, dimulai dari tanggal 22 sampai 31 Desember 2023. Kegiatan ini mengedepankan pencegahan, pertolongan, penyelamatan dan evakuasi,” imbuh Kapolres.

Terakhir, yakni inovasi kreatif yang dilakukan Polres Kapuas Hulu pada tahun 2023, yakni menyelenggarakan tournament badminton Kapolres Kapuas Hulu Cup dan Polri Presisi Peduli Stunting.

“Kegiatan open turnamen badminton Kapolres Kapuas Hulu Cup ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2023 lalu di indoor volley Putussibau, bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat dan dinas terkait. Sedangkan kegiatan Polri Presisi Peduli Stunting, dilaksanakan oleh Polres Kapuas Hulu bersama Dinas Kesehatan setempat beserta Puskesmas jajaran, yang merupakan program Kapolda Kalbar, guna membantu pemerintah untuk mengatasi stunting pada anak, khususnya anak-anak di Kapuas Hulu, dengan sasaran yakni ibu hamil dan menyusui serta anak berusia 2 sampai 5 tahun,” ungkap Kapolres.

Kapolres menghimbau kepada warga masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu agar sadar hukum.. “Jadilah Polisi bagi dirinya sendiri,” imbaunya .

Sebagaimana diketahui, Polres Kapuas Hulu juga meraih penghargaan sepanjang tahun 2022-2023, yakni ada empat penghargaan.

Pertama, Polres Kapuas Hulu menerima penghargaan peringkat kedua ketepatan penyampaian LPJ Bendahara penerimaan tingkat Satker lingkup KPPN Putussibau periode semester II tahun 2022.

Kedua, Polres Kapuas Hulu menerima penghargaan pengikut pertama nilai IKPA tingkat Satker lingkup KPPN Putussibau periode semester II tahun 2022 kategori PAGU di atas Rp6 miliar.

Ketiga, Polres Kapuas Hulu menerima penghargaan peringkat pertama nilai IKPA tingkat Satker lingkup KPPN Putussibau periode semester 1 tahun 2023 kategori PAGU di atas Rp20 miliar.

Keempat, Polres Kapuas Hulu menerima penghargaan peringkat pertama ketepatan penyampaian LPJ Bendahara pengeluaran tingkat Satker lingkup KPPN Putussibau periode semester 1 tahun 2023.

(Sigit)

%d blogger menyukai ini: