banner 120x600

Budidaya Madu Kelulut Sumber Penghasilan Alternatif Bagi Warga Desa Tanjung Karang Kabupaten Kapuas Hulu

banner 120x600

Pontianak, Borneonetv.com – Budidaya madu kelulut yang di laksanakan oleh Balai Besar Tana Bentarum Seksi Pengelolaan Taman Nasional wilayah Tiga Padua Mendalam yang di laksanakan dari tahun 2020 di Desa Tanjung Karang Kecamatan Putusibau Utara Kabupaten Kapuas hulu.

Budidaya yang di lakukan oleh masyarakat Desa Tanjung Karang dengan memanfaatkan halaman dan pekarangan rumah warga. Awal budidaya kelulut hanya 10 stup dan saat ini sudah mencapai 30 stup sementara jenis kelulut yang di budidayakan yaitu Trigona Itama atau nama lokal masyarakat yaitu Mendalam Beruang.

Proses pemanenan dapat di lakukan tiga bulan sekali atau pada musim bunga sedang mekar, di mana madu kelulut memiliki rasa yang berbeda dengan madu lebah yang terdapat di Danau Sentarum yakni dengan rasa manis dan asam menjadi satu.

Terdapat beberapa kandungan gizi madu kelulut yakni antara lain hidroksimetilfurfural (hmf), aktivasi enzim, keasaman, sukrosa, gula produksi, kadar air, sedangkan khasiat madu kelulut sangat luar biasa bagi tubuh antara lain dapat meningkatkan imunitas, mengatasi kurang nafsu makan, menyembuhkan diabetes, mencegah kanker, meningkatkan stamina serta vitalitas dan lain-lain.

Simon salah satu kelompok tani madu kelulut yang dibina oleh Balai Besar Tana Bentarum mengucapkan terima kasih atas binaan dan pemberian bibit kelulut hingga saat ini para kelompok tani sudah bisa menikmati hasil yang memuaskan selain membantu mendongrak perekonomian warga setempat juga bermanfaat bagi kesehatan. [Tim]

%d blogger menyukai ini: