Pushidrosal Dan BMKG Upaya Integrasikan IHDC Dan Portal Informasi Cuaca BMKG

banner 120x600

Jakarta, 13 Februari 2024—- Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) terus berupaya mengintegrasikan antara portal Indonesia Hydrographic Data Centre (IHDC) Pushidrosal dengan Portal Informasi cuaca milik ke Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sebagai media publikasi informasi yang bisa diakses oleh masyarakat. Hal tersebut merupakan salah satu bahasan dalam Courtesy Call Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Budi Purwanto ke Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bertempat di Kantor Pusat BMKG, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (13/2/2024).

Dalam kunjungannya Danpushidrosal didamping Kapoksahli Danpushidrosal Laksamana Pertama TNI Siswanto, Paban Ops Sopssurta Pushidrosal Kolonel Laut (P) Sinung Budi Prasojo, Kadisosemet Kolonel Laut (KH) Nawanto Budi Sukoco dan Kapusdalops Pushidrosal Letkol Laut (P) Buyung Kurniawan yang diterima langsung oleh Kepala BMKG Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.d serta staf BMKG.

Courtesy Call tersebut sebagai ajang silaturahmi antara Pushidrosal dan BMKG, serta meningkatkan kerja sama antara kedua institusi dalam pemanfaatan data dan informasi maritim, juga memperkenalkan Danpushidrosal sebagai pejabat baru.

Kerja sama dilakukan melalui Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pushidrosal dengan BMKG semenjak 2016 dan telah diperbaharui pada tahun 2022 untuk kelanjutan kerja sama tentang informasi meteorologi maritim, klimatologi, geofisika dan hidro-oseanografi serta kalibrasi peralatan meteorologi.

Selain itu, kerja sama yang dilakukan yaitu pemanfaatan data dan informasi meteorologi, klimatologi, serta geofisika untuk analisa meteorologi, klimatologi, dan geofisika dalam rangka mendukung operasi dan latihan TNI/TNI Angkatan Laut, peningkatan keterampilan dan kemampuan teknis di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika melalui pendidikan Sekolah Tinggi Mateorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) dan kursus singkat serta penyusunan, penerbitan dan publikasi peta laut yang mencakup kawasan konservasi perairan taman nasional laut, taman wisata laut dan wisata bahari.

Dalam layanan portal Indonesia Hydrographic Data Centre (IHDC) Pushidrosal yang dapat di akses secara terbuka oleh para pengguna maupun pemangku kepentingan baik nasional maupun internasional, guna pemanfaatan data hidrografi berbagai kepentingan termasuk di dalamnya dalam penggunaan peta laut sebagai Marine Spatial Data Infrastructure di laut.

Integrasi portal sebagai media publikasi informasi kepada masyarakat pengguna yaitu Indonesian Weather Information for Shipping (INA-WIS) milik BMKG dan Indonesian Hydrographic Data Centre (IHDC) milik Pushidrosal saat ini masih dalam tahap proses pengintegrasian dikarenakan perbedaan platform web portal yang digunakan oleh Pushidrosal (ESRI) dan BMKG (Geo Jeson) sehingga melalui kerja sama ini kedepan aplikasi yang berbeda dapat terintegrasi.

%d blogger menyukai ini: