banner 120x600

Dinas Pertanian Bersama Satgas TMMD Ke 119 Regtas Kodim 1208/Sambas Berikan Sekolah Lapang Kepada Warga

banner 120x600

Sambas, BorneOneTV.com- Guna meningkatkan produksi pangan di wilayah khusnya Kecamatan Sajad, Satgas TMMD Regtas Ke 119 menggandeng Dinas Pertanian Kab. Sambas berikan penyuluahan Lapang kepada Warga Desa Mekar Jaya yang digelar di Dusun Mensemat Desa Mekar Jaya, Kec. Sajad, Kab. Sambas, Rabu (06/03/2024).

Pemerintah Kab. Sambas harus selalu mendukung kelompok tani yang ada di wilayah untuk menanam padi secara teratur, pasalnya sistem ini diharapkan dapat meningkatkan produksi padi di Desa Mekar Jaya.

Dukungan juga disampaikan oleh Kepala Desa Mekar Jaya Bapak Azim saat diwawancara di ruangannya beberapa waktu lalu di Kantor Kepala Desa Mekar Jaya.

Azim menjelaskan melaui TMMD Ke 119 Regtas Kodim 1208/Sambas ini merupakan salah satu cara untuk mendukung para petani dalam menerapkan sistem tanam padi jajar teratur, Pemdes Mekar Jaya akan menganggarkan dana Desa untuk meningkatkan SDM petani melalui program Sekolah Lapang Pertanian, ujarnya.

Dalam Sekolah Lapang yang di selenggarakan oleh Satgas TMMD dan Juga Dinas pertanian Kab. Sambas, menurut Azim para petani akan diberi pembekalan baik teori maupun praktik terkait inovasi di bidang pertanian, termasuk sistem tanam jajar, terangnya.

Dan SSK TMMD Kapten Inf Sulistiono menambahkan pertanian di Desa Mekar Jaya menjadi salah satu uji coba inovasi baru mengingat lahan yang tersedia sudah terbatas dan keinginan masyarakat untuk bertani agak menurun sehingga kami mencoba untuk menerapkan hal tersebut. Jadi kami melalui TMMD Regtas Ke 119 Kodim 1208/Sambas.

“Menyiasati dengan mengadakan Sekolah Lapang dari Dinas Pertanian Kab. Sambas akan di ajarkan teori dan praktek di lapangan tentang inovasi tanam padi yang benar, semoga bisa menumbuhkan semangat bertani bagi warga Desa Mekar Jaya”, pungkas Kapten Sulistiono.

( Dedi Anggara)

%d blogger menyukai ini: