banner 120x600

Danpushidrosal Inspeksi Survei Hidros Di Perairan Dermaga Logistik IKN

banner 120x600

Balikpapan, borneonetv.com – Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Budi Purwanto melaksanakan inspeksi Survei Hidro-Oseanografi (Survei Hidros) di perairan dermaga logistik Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Kamis (21/3/2024).

Dalam inspeksi tersebut, Danpushidrosal didampingi Asrena Danpushidrosal Kolonel Laut (P) B. Dwiadji Gultom, Sahli E Tekno Pushidrosal Kolonel Laut (KH) Dr. Gentio Harsono dan Perwira Menengah Pushidrosal Letkol Laut (KH) Lufti. Pada kesempatan tersebut, Danpushidrosal mengecek secara langsung pelaksanaan Opssurta Hidros oleh Unit Survei II Satsurvei Pushidrosal di perairan dermaga logistik IKN.

Danpushidrosal beserta rombongan Pushidrosal juga diterima oleh Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Balikpapan Kolonel Laut (P) Edi Kuswanto dan menerima paparan dari Danunit Survei II Mayor Laut E) Aditya Prayoga bertempat di Mako Lanal Balikpapan terkait perkembangan pelaksanaan survei di perairan dermaga logistik IKN yang terdiri dari aspek-aspek seperti geodetiK, pemeruman, oseanografi, meteorologi, geografi maritime, vertical clearance jembatan bentang panjang dan bentang pendek, Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP), bahaya navigasi serta kondisi dermaga logistik IKN dari aspek hidros.

Selanjutnya, Danpushidrosal beserta rombongan Pushidrosal meninjau lokasi area survei perairan dermaga logistik IKN menggunakan Patkamla Trimaran Lanal Balikpapan serta meninjau area pusat pembangunan IKN menggunakan lintas darat.

Kegiatan inspeksi survei dan pemetaan di perairan sungai Balikpapan tersebut dalam rangka mendukung pengembangan Ibu Kota Nusantara (IKN) guna membuka gerbang akses menuju IKN dari perairan teluk Balikpapan hingga menuju ke sungai pendekat ke arah IKN saat sandar di dermaga logistik IKN, yang bertujuan untuk mempermudah proses transfer kebutuhan logistik maupun material yang akan dikirim pada proyek pembangunan IKN.

Hal itu merupakan kontribusi Pushidrosal dalam mendukung program pemerintah dengan melaksanakan kegiatan survei hidro-oseanografi terdiri dari pemetaan batimetri untuk membuat alur masuk dan mengukur clearance tinggi jembatan bentang Panjang yang membelah sungai Balikpapan.

Pemerintah direncanakan akan melaksanakan peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) tahun 2024 ini di IKN yang akan diikuti oleh aparatur negara, terutama menghadirkan alutsista TNI AL, yaitu Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) berjenis Landing Platform Dock (LPD) untuk dikerahkan dan akan bersandar di dermaga sungai Balikpapan.

%d blogger menyukai ini: