banner 120x600

Motif Dayak Kanayant Menjadi Tema Lomba Melukis Perisai di Pekan Gawai Dayak ke-38

banner 120x600

Pontianak, borneonetv.com – Pekan Gawai Dayak (PGD) Kalimantan Barat ke-38 telah dimulai sejak Senin, (20/5/2024). Beragam kegiatan dan lomba yang dilaksanakan, salah satunya ialah lomba melukis perisai yang dimulai pada tanggal 22-23 Mei 2024 di Rumah Radakng Pontianak Kalimantan Barat.

Koordinator Lomba Melukis Perisai, Paskasius K. Legi, mengatakan, tema yang diangkat untuk tahun ini adalah tema dayak kanayant dan peserta ada 15 orang.
“Tema tahun ini lomba melukis perisai kita mengangkat kebudayaan di Kabupaten Landak khususnya suku Dayak Kanayant. Peserta untuk tahun ini ada 15 orang, dan acara ini dari sekberkesda jadi peserta ini dari sanggar-sanggar dibawah sekberkesda lalu juga ada pesera dari Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Kota dan kita juga membuka untuk peserta dari dinas-dinas kebudayaan di Kabupaten Kota,” Jelas Legi

Legi juga mengungkapkan kriteria penilaian dan waktu lomba yang disiapkan oleh para panitia dan juri.
“Kita ada tiga penilaian yang pertama adalah kesesuaian tema yang harus ada unsur motif dayak kanayant, lalu yang kedua adalah originalitas dan terakhir adalah proses kreatif yang mencakup kerapian, kerumitan dan komposisi warna. Untuk waktu lomba ini dilaksanakan dalam waktu 2 hari dan 1 hari itu dihitung waktunya 8 jam dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore,” ungkapnya.

“Melukis perisai ini adalah salah satu identitas budaya Dayak, jadi sudah sepantasnya untuk kita pertahankan dan kembangkan walaupun proses kreatifnya berbeda tetapi yang kita tonjolkan disini adalah motif dari berbagai suku dayak di kalimantan barat karena setiap tahun akan berbeda-beda temanya,” tutup Legi.

%d blogger menyukai ini: