banner 120x600

AJUSI Singkawang Gelar Ngopi Bareng di Tahun Demokrasi

Aliansi Jurnalis Singkawang (AJUSI) saat menggelar Ngopi Bareng di Tahun Demokrasi di Cafe Aming Koffee Jalan Yos Soedarso, Kelurahan Melayu, Kecamatan Singkawang Barat.
banner 120x600

Singkawang-Borneonetv.com – Aliansi Jurnalis Singkawang (AJUSI) menggelar Ngopi Bareng di Tahun Demokrasi di Cafe Aming Koffee Jalan Yos Soedarso, Kelurahan Melayu, Kecamatan Singkawang Barat.

Kegiatan yang digelar AJUSI Singkawang ini mengangkat tema Kolaborasi Untuk Mengawal Pilkada Damai Tanpa Hoaks, Isu SARA dan Ujaran Kebencian dengan menghadirkan Kapolres Singkawang, Ketua KPU, Ketua Bawaslu dan penggiat Media Sosial.

Ketua AJUSI Singkawang, Hari Kurnia Thama mengatakan, ngopi bareng ini adalah sebagai upaya menambah literasi bagi insan media dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Wartawan dan penggiat media sosial meyakini penyebarluasan informasi itu penting bagi masyarakat. Hanya saja penyebaran informasi itu ada ketentuan yang harus diingat.

“Ada rambu-rambu yang harus menjadi pedoman penyebaran informasi. Cek dan cross-check adalah sebuah keniscayaan apalagi berhubungan tahun politik saat ini,” katanya.

Oleh sebab itu, baik jurnalis maupun penggiat media sosial harus tahu koridor hukumnya tanpa menodai kebebasan berpendapat dan berekspresi.

AJUSI Singkawang mengapresiasi hadirnya Kapolres Singkawang, KPU dan Bawaslu Singkawang yang secara bersama-sama membagi informasi seputar kepemiluan khususnya di Kota Singkawang.

“Kedepan kolaborasi ini harus senantiasa terjaga supaya bisa menambah literasi bersama agar dapat mewujudkan Pilkada yang kondusif tanpa SARA, ujaran kebencian dan hoaks,” harapnya.

Kapolres Singkawang, AKBP Fatchur Rochman memberikan apresiasi atas kegiatan yang digelar AJUSI.

“Melalui kolaborasi ini mari kita sama-sama menjaga situasi Kamtibmas di Kota Singkawang sehingga tahapan-tahapan Pilkada 2024 dapat berjalan dengan aman, lancar dan kondusif,” kata Kapolres.

Dalam pengamanan Pilkada 2024, pihaknya juga akan mengerahkan sebanyak 403 personel, ditambah BKO dari Batalyon Brimob, TNI, Subdenpom, Dishub dan Satpol PP.

“Kepada rekan-rekan media saya berharap kerjasamanya dengan menyampaikan berita-berita yang positip dan kondusif serta menyejukkan di masyarakat sehingga situasi menjadi aman dan nyaman,” pintanya.

Ketua KPU Singkawang, Khairul Abror mengatakan, salah satu peran vital kesuksesan penyelenggara Pemilu atau Pilkada adalah rekan-rekan media.

“Sehingga rekan-rekan media inilah yang membantu kami menyebarluaskan informasi kepemiluan yang benar sehingga bisa mengantisipasi informasi hoaks yang beredar di kalangan masyarakat,” katanya.

Media menurutnya salah satu elemen yang paling penting bagi KPU Singkawang dalam mencerdaskan pemilih yang cerdas sehingga dapat membantu masyarakat menjadi pemilih yang baik dan tepat.

Sementara Ketua Bawaslu Singkawang, Hendro Susanto sangat berharap bisa terus berkolaborasi dengan media untuk bersama-sama menjaga kondusifitas di masyarakat.

“Ketika ada informasi hoaks, kami sangat berharap dari rekan-rekan media menstream bisa membantu meluruskan,” katanya.

Menurutnya, hal tersebut sudah pernah dilakukan sehingga dia mengucapkan terima kasih kepada media, dan semoga dalam pelaksanaan Pilkada 2024 kolaborasi ini bisa lebih intensif lagi dalam menangani hal-hal tersebut.

“Selama ini yang saya rasakan komunikasi antara Bawaslu dengan media sudah sangat baik, sehingga sinergitasnya bisa terus kita tingkatkan,” ujarnya. -WHY-

%d blogger menyukai ini: