banner 120x600

Aksi Nyata Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024

banner 120x600

Pontianak, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat bersama mitra kerja konservasi mengadakan serangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada setiap tanggal 5 Juni.

Salah satu kegiatan dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini adalah Kampanye dan Edukasi Konservasi yang dilakukan di Bundaran Digulis Pontianak, Selasa (04/06/2024).

Tema peringatan tahun ini adalah “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan”.
Tema ini dipilih sebagai pengingat sekaligus ajakan bahwa penyelesaian akar masalah krisis iklim harus diselesaikan dengan inovasi yang dilaksanakan secara konsisten oleh seluruh pemangku kepentingan, serta dengan mengedepankan prinsip keadilan dan inklusivitas.

Sejalan dengan tema tersebut, dunia internasional memperingati secara serempak dengan tema “Restoration, Desertification, and Drought Resilience”. Tema ini menyoroti pentingnya tindakan global yang terintegrasi dan terkoneksi dalam sebuah sinkronisasi agenda internasional untuk memulihkan lahan yang terdegradasi.
Upaya ini memiliki dampak besar pada ketahanan pangan, pengurangan kemiskinan, dan mitigasi perubahan iklim.

RM Wiwied Widodo, Kepala Balai KSDA Kalimantan Barat, dalam kesempatan Kampanye dan Penyadartahuan ini menyampaikan.

“Pemulihan lingkungan merupakan kunci dalam membalikkan arus degradasi lahan. Upaya ini sekaligus dapat meningkatkan mata pencaharian, mengurangi kemiskinan, dan membangun ketahanan terhadap cuaca ekstrem, pemulihan lahan selain dapat meningkatkan penyimpanan karbon serta mengurangi dampak dari perubahan iklim, juga berpengaruh terhadap kelestarian tumbuhan dan satwa liar,” Ujarnya.

Untuk itu Balai KSDA Kalimantan Barat berkomitmen terhadap upaya pemulihan lingkungan salah satunya melalui kampanye/penyadartahuan tentang lingkungan seperti kegiatan yang dilaksanakan pada sore hari ini.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2024 ini menjadi momen penting dalam menumbuhkan serta meningkatkan kesadaran bagi kita semua untuk lebih peduli dan konsisten dalam upaya memperbaiki lingkungan.

Aksi kampanye BKSDA Kalimantan Barat yang dilaksanakan di Bundaran Digulis/Bundaran Untan ini selain menggelar orasi juga membagikan produk ramah lingkungan kepada para pengguna jalan raya.

Rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia oleh BKSDA Kalbar juga menggelar Lokakarya Perlindungan Keanekaragaman Hayati dan Pengembangan Bioprospeksi di Kalimantan Barat yang akan dilaksanakan tanggal 5 sd 6 Juni 2024 bertempat di Hotel Golden Tulip.

Selain itu, pada tanggal 7 Juni 2024 bersama-sama Bapak Gubernur dan Dinas LHK Provinsi Kalimantan Barat akan melaksanakan aksi penanaman pohon di Halaman Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Barat.

“Terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam rangkaian kegiatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024, semoga apa yang kita lakukan dapat membantu memperbaiki bumi ini,” Tutup Wiwied. (WHY)

%d blogger menyukai ini: