banner 120x600

Polda Kalbar Gelar Bakti Kesehatan, Ada Operasi Bibir Sumbing hingga Pelayanan KB

banner 120x600

Pontianak- Borneonetv – Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Barat (Kalbar) mengadakan bakti kesehatan dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78, di Rumah Sakit Bhayangkara Pontianak, Rabu (26/06/2024).

Adapun layanan yang disediakan meliputi pelayanan kesehatan disabilitas, pelayanan Keluarga Berencana (KB), pelayanan stunting, donor darah, operasi katarak, operasi bibir sumbing dan lelangit, khitanan massal, pengobatan gratis, perawatan gigi, serta pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD).

Ratusan masyarakat Kota Pontianak antusias mengikuti berbagai layanan kesehatan yang disediakan.

Bakti kesehatan ini mengusung tema “Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas”.

Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol Pipit Rismanto mengungkapkan, kegiatan bakti kesehatan seperti ini tidak hanya dalam rangka HUT Bhayangkara, tapi di hari biasa pun layanan kesehatan seperti ini tetap tersedia di Rumah Sakit Bhayangkara Pontianak.

Dalam kesempatan ini, ia mengimbau jajaran Polda Kalbar untuk merespon dan proaktif membantu masyarakat, apabila ada masyarakat yang membutuhkan bantuan kesehatan namun memiliki kendala.

“Kami mengimbau setiap saat kita harus merespon dan proaktif untuk membantu masyarakat, apabila ada masyarakat yang membutuhkan bantuan kesehatan dan mereka ada kendala atau hambatan apapun saya perintahkan kepada jajaran Polda Kalbar agar mereka membantu, merespon, membawa, bila perlu menjemput masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan yang memiliki kendala,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polda Kalbar, Kombes Pol Dafianto menerangkan, dalam bakti kesehatan ini pihaknya melakukan pelayanan terhadap 592 orang penderita disabilitas, dengan memberikan bantuan berupa kursi roda, tongkat, oksigen.

Kemudian, pelayanan donor darah sekitar 795 orang, dan khitanan masal sekitar 200 orang dan ini terus berlangsung.

“Kemudian ada kegiatan lain yang kita lakukan salah satunya melakukan operasi bibir sumbing, tetapi ini bukan hanya dalam HUT Bhayangkara saja, ini berlangsung dari hari ke hari, siapa pun operasi bibir sumbing datang ke Rumah Sakit Bhayangkara akan dioperasi gratis. Begitu juga katarak apabila tidak ada biaya datang saja ke Rumah Sakit Bhayangkara akan kita operasi secara gratis,” ujarnya. (WHY)

%d blogger menyukai ini: