banner 120x600

Ada “Pembekalan Terselubung” dari Mantan Bupati untuk 804 Kades BPD Se-Kabupaten Sanggau?

banner 120x600

Pontianak – borneonetv.com – “Dalam jadwal resmi maupun spanduk dan info lainnya, nama mantan wakil sekaligus Bupati “sesaat” Kabupaten Sanggau  itu sebetulnya tidak ada, tapi tiba-tiba beliau muncul dan tampil di depan,” ungkap salahseorang peserta Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Bagi Aparatur Pemerintah Desa dan BPD se-Kabupaten Sanggau yang diselenggarakan di Hotel Orchadz Pontianak 24 – 27 Juni 2024.

Menurut narasumber ini, kehadiran mantan Bupati yg kebetulan juga adalah mantan Wakil Bupati Sanggau cukup mengagetkan peserta yang hadir, seharusnya yang hadir sesuai jadwal acara adalah Pj.Bupati Kabupaten Sanggau dan Pj.Gubernur Kalimantan Barat. Namun kedua pejabat tersebut memiliki agenda penting lainnya, sehingga kehadiran keduanya diwakilkan oleh para pejabat pengganti ,” tapi kenape juge yang hadir ada yang dah mantan dan tak berkait langsung dengan tema BimTeknye…nah itu jadi pertanyaan kamek” ujar narasumber ini dengan dialek khas melayu Kalimantan Baratnya.

Kejanggalan yang dirasakan narasumber ini, tidak hanya sampai di situ. Mantan Bupati ini juga diduga telah menggunakan forum BimTek itu untuk kepentingan politik rencana Pencalonan dirinya pada Pilkada November 2024 ini. Sambil mencoba menirukan ucapan mantan Bupati itu, narasumber ini mengatakan sang mantan Bupati secara tersirat mengharapkan para Kepala Desa dan BPD yang hadir bisa memberikan dukungan pada pencalonan dirinya di Pilkada mendatang

Hal inilah menurut narasumber ini menggundang banyak pertanyaan terutama mengenai dugaan pelanggaran dan penyalahgunaan wewenang dalam pelaksanaan kegiatan ini, apalagi menurutnya sumberdana penyelenggaraan kegiatan ini adalah Dana Swakelola Alokasi Dana Desa.,”harusnya peruntukan Dana desa dialokasikan untuk sesuatu yang produktif sekaligus efisien,” ujar narasumber ini mengakhiri penjelasannya.

Sementara itu, jum’at siang (28/06/04) melalui wawancara telpon, Plt.Kepala Dinas Pemberdayaan Msyarakat (DPM) Pemerintahan Desa (PEMDES)  Kabupaten Sanggau Alian membenarkan adanya kehadiran mantan Bupati Sanggau pada acara Bimbingan Teknis tersebut, namun dengan tegas dia membantah kalau pada acara tersebut Sang Mantan Bupati menyampaikan himbauan agar para peserta yang hadir mendukungnya pada PIlkada 2024 mendatang,” Tidak benar itu,” tegas Alian yang pada acara tersebut juga hadir sebagai undangan.-Tim Liputan-

%d blogger menyukai ini: