banner 120x600

6 Tahun Vakum, Pemilihan Duta Penyu Paloh Kembali Digelar

banner 120x600

Sambas – Borneonetv – Pemilihan Duta Penyu Paloh 2024 kembali dilangsungkan setelah 6 tahun mengalami vakum. Kegiatan tersebut di mulai pada tanggal 27 Juni hingga 1 Juli 2024. Sebanyak 31 finalis yang telah diseleksi mengikuti karantina Pemilihan Duta Penyu Paloh 2024 di Villa Rumah Terbalik, Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas. Senin, (1/07/2024).

Ketua Panitia Pemilihan Duta Penyu Paloh 2024, Hendi Gusnadi, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan RI dalam hal ini Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Pontianak, USAID Kolektif, Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN), Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI), WWF Indonesia, Pemprov Kalbar, Pemkab Sambas serta pihak terkait yang telah memfasilitasi kegiatan ini.

“Pemilihan Duta Penyu Paloh 2024 bertujuan untuk menguatkan upaya konservasi penyu di Paloh, dengan mengedepankan edukasi, advokasi, dan kolaborasi. Duta Penyu diharapkan menjadi figur inspiratif yang dapat menggerakkan masyarakat dan berbagai pihak untuk bersama-sama melestarikan penyu dan habitatnya, sehingga keseimbangan ekosistem laut dapat terjaga dan keanekaragaman hayati tetap lestari,” ujarnya.

Pemilihan Duta Penyu Paloh 2024 ini diikuti oleh mayoritas anak-anak yang sedang menempuh pendidikan di bangku SMA.

“Dari seluruh pendaftar mencapai hampir 80 orang dan yang lolos seleksi sebanyak 31 orang yang menjadi finalis dan mengikuti karantina mulai 27 Juni hingga 1 Juli 2024,” jelasnya.

Hendi menjelasknan, selama masa karantina seluruh finaslis diberi pembekalan materi tentang etikamenjadi seorang duta dan turun langsung secara bergantian memonitoring penyu bertelur.

“Selama karantina 31 finalis dibekali dengan berbagai materi tentang etika menjadi seorang duta, konservasi penyu, pengelolaan sampah plastik, demo make-up dan praktek. Selain itu mereka juga turun secara langsung bergantian untuk monitoring penyu bertelur,” jelasnya.

Sebagai informasi Paloh merupakan pantai peneluran penyu terpanjang se-Indonesia sepanjang 63 kilometer dan memiliki garis pantai sepanjang 102,56 kilometer yang membentang dari Desa Kalimantan hingga Desa Temajuk Kecamatan Paloh.

Terdapat 6 jenis penyu di Indonesia diantaranya Penyu Hijau, Penyu Belimbing, Penyu Sisik, Penyu Lekang, Penyu Pipih, dan Penyu Tempayan.

Duta Penyu Paloh diharapkan menjadi agen perubahan untuk menggerakan masyarakat sekitar agar lebih peduli dalam menjaga sumber daya pesisir Paloh.

“Saya harap dengan terselenggaranya kegiatan ini bisa memotivasi pemuda pemudi yang ada di Kalimantan Barat khususnya bagi warga lokal di Kecamatan Paloh untuk menjaga penyu yang sekarang hampir punah, menjaga daerah pesisir dan laut Paloh, serta berharap kegiatan Duta Penyu Paloh dapat terselenggara setiap tahunnya,” harap Hendi.

Terakhir, Ia mengucapkan tahniah kepada finalis yang terpilih sebagai Bujang Dare Penyu dan Runner Up Bujang Dare Penyu Paloh 2024.

Bujang Penyu Paloh 2024 : Ilham Akbar Firmana
Dare Penyu Paloh 2024 : Indri Nadia Syalindra
Runner Up 1 Bujang Penyu : Sanidi
Runner Up 1 Dare Penyu : Andai Rantika
Runner Up 2 Bujang Penyu : Ridho Apriliansyah
Runner Up 2 Dare Penyu : Tiara Muharani. (WHY)

%d blogger menyukai ini: