banner 120x600

Bujang Dan Dare Penyu Paloh 2024 Komitmen Menjaga Dan Melindungi Penyu

banner 120x600

Sambas – Borneonetv – Setelah terpilih menjadi Bujang Dare Penyu Paloh 2024 Ilham dan Indri berkomitmen untuk menjaga dan melindungi penyu di wilayah pesisir laut khususnya di Paloh.

Salah satu cara untuk menjaga dan melindungi penyu adalah dengan mengkampanyekan kepada masyarakat agar meningkatnya kesadaran mereka akan pentingnya penyu bagi keseimbangan ekosistem laut.

Dengan pengetahuan yang dibekali selama menjalani karantina 4 hari, para agen perubahan akan menyebarkan informasi tentang bagaimana menjaga habitat penyu dan mengurangi ancaman terhadap kelangsungan hidup penyu.

Duta Penyu sebagai advokasi perlindungan habitat penyu, akan menjadi suara bagi perlindungan pantai-pantai tempat penyu bertelur.

Bujang Penyu Paloh 2024, Ilham Akbar Firmana yang berasal dari Kecamatan Teluk Keramat mengatakan banyak mendapatkan informasi dan pengetahuan tentang konservasi penyu.

“Pada kegiatan kemarin saya banyak mendapatkan informasi dan pengetahuan tentang Konservasi Penyu dan bagaimana harusnya kami berperan sebagai duta untuk menjaga dan melindungi Penyu,” ungkapnya saat diwawancarai, Rabu (3/07/2024).

Selain itu, Ia juga menyampaikan pesan untuk menjaga dan melestarikan penyu terutama di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

“Saya berpesan kepada seluruh masyarakat di seluruh Indonesia terkhusus di Kecamatan Paloh untuk selalu melestarikan alam dan menjaga penyu. Jagalah penyu, selamatkan bumi. Duta Penyu Paloh 2024, Jagalah Penyu, bersamaku,” pungkas Bujang Penyu Paloh 2024.

Nantinya finalis Duta Penyu Paloh khususnya Bujang Dare Penyu Paloh lah yang akan menggerakkan program pelestarian penyu, menginisiasi dan mendukung program-program pelestarian penyu, termasuk relokasi telur ke tempat yang aman dan melakukan penyuluhan kepada masyarakat mengenai bahaya perburuan liar.

Dare Penyu Paloh 2024, Indri Nadia Syalindra yang merupakan mahasiswi IAIN Pontianak mengatakan kegiatan tersebut sangat berkesan karena pengalaman yang tidak bisa dibayar dengan apapun dan banyak mendapat ilmu baru.

“Kesan Saya selama mengikuti kegiatan Duta Penyu Paloh 2024 merasa senang karena mendapatkan banyak ilmu baru, teman baru, pengalaman baru,” katanya.

Ia menuturkan dengan adanya kegiatan tersebut bisa menginspirasi dan mengajak teman-teman dan masyarakat dalam melestarikan lingkungan dan menjaga penyu.

“Alhamdulillah nya lagi Saya bisa terpilih sebagai Dare Penyu Paloh 2024,” ucap syukur Indri.

Duta Penyu juga akan berperan sebagai penghubung antara berbagai pihak, termasuk pemerintah, LSM, komunitas lokal, dan sektor swasta. Kolaborasi ini penting untuk memperkuat upaya konservasi dan memastikan keberlanjutan jangka panjang.

“Semoga kegiatan ini kedepannya bisa lebih baik dan tetap ada, agar bisa menjadi motivasi bagi generasi selanjutnya,” tutup Dare Penyu Paloh 2024. (WHY


 

%d blogger menyukai ini: