banner 120x600

Kodam XII/Tpr Gelar Lomba Dragon Boat, Diikuti 32 Tim

banner 120x600

Pontianak – Borneonetv – Kodam XII/Tanjungpura menggelar lomba dayung perahu naga (dragon boat), di Sungai Jawi, Kota Pontianak, Sabtu (6/07/2024).

Sebanyak 32 tim yang berasal dari Kalimantan Barat dan Brunei Darussalam mengikuti lomba dayung perahu naga ini dalam rangka HUT Kodam XII/Tanjungpura ke-66 tahun.

Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Iwan Setiawan mengatakan, digelarnya lomba dayung perahu ini untuk melestarikan budaya masyarakat. Sebagaimana diketahui, perahu masih menjadi salah satu alat transportasi untuk masyarakat di Kota Pontianak khususnya, dan Kalimantan Barat pada umumnya.

“Kenapa lomba dayung karena ini salah satu alat transportasi yang masih digunakan oleh masyarakat. Kita punyai sungai-sungai yang begitu panjang, lebar  dan luas yang digunakan masyarakat untuk kehidupan sehari-hari, termasuk mencari nafkah,” katanya.

Sementara itu, alasan digelarnya di Sungai Jawi, menurut Mayjen TNI Iwan Setiawan karena ini salah satu pusat keramaian masyarakat.

“Jadi masyarakat bisa menyaksikan dari awal sampai akhir, yang melintas juga bisa melihat kemeriahan pesta rakyat yang digelar Kodam XII/Tanjungpura,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia lomba dayung Letkol CBA Diman Purwanto menuturkan, dengan digelarnya lomba dayung ini semoga bisa meningkatkan kemampuan para pendayung, sehingga lomba dayung perahu ini bisa menjadi olahraga bertaraf internasional.

“Mudah-mudahan olahraga seperti ini bisa memotivasi para pendayung untuk semakin meningkatkan kemampuannya sehingga olahraga nasional ini menjadi olahraga internasional,” katanya.

Di kesempatan yang sama, Ridzwan bin Abdullah Ketua pengurus Tutong Team Dragon Boat Brunei Darusalam, mengatakan ini adalah pertama kali timnya terlibat dari kegiatan yang digelar oleh TNI, tapi kalau di Kalbar sudah sering diikuti.

“Jadi ini suatu kebanggaan bagi kita perwakilan Brunei untuk ikut kegiatan ini. Kita membawa satu tim. Kita berbesar hati kepada TNI mengadakan acara seperti ini,” tuturnya. (WHY)

%d blogger menyukai ini: