Masa Pandemi COVID-19, Bunda PAUD Provinsi Kalbar Pinta Pokja Berinovasi

Pontianak,BorneOneTV.com– Di masa pandemi COVID-19, pembelajaran anak usia dini tidak berjalan semestinya. Oleh sebab itu, Bunda PAUD Provinsi Kalimantan Barat, Ny. Hj. Lismaryani Sutarmidji, meminta Pokja Bunda PAUD Provinsi Kalbar yang baru dikukuhkan untuk berinovasi dalam menemukan pola baru implementasi panduan belajar bagi anak usia dini.

“Melalui momen ini, saya mengajak semua pihak dan para bunda di Provinsi Kalimantan Barat untuk melakukan hal yang sama mendukung dalam mendukung program kerja Bunda PAUD, dengan membentuk Pokja Bunda PAUD Kabupaten/Kota untuk terus berkreasi dan berinovasi tentang pola pembinaan dan penyelenggaraan PAUD yang paling efektif dan efisien di wilayah masing-masing,” jelas Hj. Lismaryani saat mengukuhkan Pokja Bunda PAUD Provinsi Kalimantan Barat di Hotel Ibis Pontianak, Selasa (25/8/2020).

Menurutnya, penyebab keberhasilan program PAUD di Kalbar hanya dapat berhasil apabila seluruh pihak mendukung. Hj. Lismaryani menambahkan, dukungan dari pihak lain dilakukan dengan menggalang kepedulian akan kemajuan pendidikan anak usia dini di semua wilayah Kalimantan Barat.

“Untuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, BP PAUD DIKMAS, dan BKKBN Provinsi Kalbar, agar dapat bersinergi dengan Pokja Bunda PAUD Provinsi Kalbar dalam layanan pemerintah untuk anak usia dini,” kata Wanita Nomor Satu di Kalimantan Barat ini.

Ny. Hj. Lismaryani meminta Pokja yang telah dikukuhkan untuk menyusun program kerja dengan meningkatkan kualitas layanan PAUD dengan berbagai kebijakan dan strategi sesuai kewenangan dalam undang-undang. dia juga mengingatkan agar Pokja tersebut juga menggalang kepedulian akan kemajuan pendidikan anak usia dini di semua wilayah Kalimantan Barat.

“Susun program kerja, temukan pola baru sebagai implementasi panduan pembelajaran di masa pandemi COVID-19 bagi anak usia dini dari Kemendikbud RI, sinergikan dengan pemerintah provinsi, kabupaten/kota serta para Bunda PAUD,” pinta Ny. Hj. Lismaryani.

Dalam acara tersebut, juga turut hadir para Kepala Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Kalbar, Bunda PAUD Kabupaten/Kota, dan organisasi mitra Provinsi dan Kabupaten/Kota. “Saya ucapkan selamat kepada Drg. Hj. Tita Selati M. Akip beserta jajaran pengurus Pokja Bunda PAUD yang baru saja dikukuhkan sebagai ketua Pokja Bunda PAUD Provinsi Kalimantan Barat,” ujarnya.

Tak lupa, Ny. Hj. Lismaryani mengingatkan para hadirin untuk selalu menjaga kesehatan, putus mata rantai penyebaran COVID-19 dengan mematuhi protokol kesehatan dengan selalu menjaga jarak dalam berinteraksi dengan orang lain. Dia juga mengimbau untuk menghindari kerumunan, rajin mencuci tangan, pakai masker saat keluar rumah.

“Kami kemarin dari PKK sudah melakukan gebrak masker door-to-door di Kota Pontianak dan sekitarnya. Semoga pandemi ini segera berakhir,” pungkasnya (Adpim Setda Prov Kalbar/Hadin)