banner 120x600

Wisata Nusantara Matematika Bela Negara di Kodim 1207/BS, Ini Pesan Dandim 1207/BS

banner 120x600

Pontianak, BorneOneTV.com_Banyak cara untuk menumbuhkan wawasan kebangsaan dan budi pekerti bagi generasi muda dan salah satu cara yang dilakukan oleh Kodim1207/BS yang tentunya menyenangkan, yakni melalui Wisata Nusantara Matematika Bela Negara (WNMBN), Sabtu (16/1).

Kegiatan Wisata Nusantara Matematika Bela Negara dibuka secara langsung oleh Komandan Kodim 1207/BS Kolonel Inf Jajang Kurniawan, S.I.P., M.M. dan dihadiri para Perwira Staf di Aula Makodim 1207/BS, Jln Gusti Sulung Lelanang, Kel Benua Melayu Darat, Kec Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Dandim 1207/BS Kolonel Inf Jajang Kurniawan, S.I.P., M.M mengatakan, “Globalisasi yang lahir beberapa dekade yang lalu, pengaruhnya merambah ke penjuru dunia hingga saat ini.

:Implementasi dari hal tersebut diatas dalam konteks Nasionalisme adalah menurunnya Jiwa Patriotisme generasi muda, menurunnya wawasan kebangsaan dan Bela Negara,” ucap Kolonel Inf Jajang Kurniawan, S.I.P., M.M.

Terkait hal yang demikian maka Kodim 1207/BS harus hadir mengupayakan langkah-langkah yang sistematis, inovatif dan nyata dalam penguatan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, terutama bagi generasi muda
Jaman sekarang (jaman Now) yg mana memiliki berbagai ciri yang harus dimengerti dan dipahami, salah satu diantaranya adalah cenderung berani berfikir kritis dan analitis.

Tujuan kegiatan ini adalah, untuk memberikan bekal kemampuan dan pemahaman serta cara berfikir kepada para peserta WNMBN, agar sekembalinya nanti dapat menularkan ilmunya baik di Sekolah, di lingkungan Kampus maupun dalam wadah Organisasi Kepemudaan masing -masing.

“Kita sebagai generasi pewaris cita-cita para Pahlawan yang telah berjuang merebut dan mempertahankan Negara Indonesia,” ingatnya.

Ahmad, salah satu peserta WNMBN yang datang sejak pukul 07.00 WIB, mengungkapkan, “Bahwa pelatihan ini sangat  berkesan, melalui kegiatan ini saya dapat mengetahui wawasan kebangsaan, permainan matematika, dan tidak kalah menariknya, dilatih anggota TNI yang ramah,” kata Ahmad peserta dari Pemuda Pancasila Kota Pontianak.

Hal senada juga dikemukakan Erni peserta WNMBN dari FKPPI Wilayah Kota Pontianak mengaku bersyukur telah hadir dalam kegiatan WNMBN. Dia berharap kegiatan ini dapat membuka wawasan kebangsaan generasi muda penerus bangsa.

Setelah acara pembukaan Wisata Nusantara Matematika Bela Negara (WNMBN) berlangsung, dilanjutkan dengan kegiatan pembekalan kepada peserta sesuai dengan materi-materi yang sudah dijadwalkan antara lain : Kegiatan Pembekalan oleh Kasdim 1207/BS, Letkol Arm Moch Rofiq, S.Pd., M.Si. Pembekalan dari Kaur Bakti TNI Kodim 1207/BS, Kapten Inf Jiyo. Permainan Wisata Matematika dan Permaian Yel-yel oleh Serka Suhardiman dan Sertu Agus.

Selesainya kegiatan pembekalan di Aula Makodim 1207/BS, dilanjutkan dengan kegiatan Wisata Matematika Bela Negara dengan menggunakan kendaraan menuju sasaran pertama di Kompi Kavalari 12/MDC, Jln Adi Sucipto, Sungai Raya, Kab Kubu Raya dan kegiatan di Kompi Kavalari adalah menyaksikan penjelasan dari petugas tentang Alutsista TNI AD.

Selesainya kegiatan di Kompi Kavalari, dilanjutkan ke sasaran ke dua di Museum Kalbar, Jln A. Yani, Pontianak Selatan, Kota Pontianak dan kegiatan di Museum adalah Menerima Penjelasan dari Petugas Museum tentang benda-benda bersejarah yang ada Kalbar.

Dan dilanjutkan ke sasaran ke tiga di Rumah Radank Kota Baru, Pontianak Kota dan di Rumah Radank peserta WNMBN melaksanakan Ishoma.

Dan dengan selesainya kegiatan di rumah Radangk, peserta WNMBN lanjut kembali ke Makodim 1207/BS dan melaksanakan Evaluasi dan acara Penutupan. (L4Y).

%d blogger menyukai ini: