banner 120x600

Sambut Ramadhan, Yonmarhanlan xll Ptk Bersama Warga Bersihkan Makam Abad Ke-18

banner 120x600

Mempawah, BorneOneTv.Com – Matahari pagi baru saja bersinar, seraya menyapa kita dengan cerah dan hangatnya pagi ini.

Kicau burung dan derap bunyi langkah kaki Marinir yang berbalut sepatu memecah keheningan susana di pagi itu, Jumat (19/03/2021).

Sebuah kesatuan Batalion Marinir Pertahanan Pangkalan yang komando oleh Mayor Marinir Anton Koerniawan M.Tr.Opsla, sejak pagi buta telah sibuk bersiap diri untuk kegiatan gotong royong.

Berada di Dusun Tambak Kuala Secapah, perlahan namun pasti melangkah ketempat tujuan. Sebuah lokasi pemakaman seorang Ulama mahsyur yang hidup pada abad 18 silam.

Makam Syeikh Muhammad Yasin dan makam yang berada disekitarnya menjadi tujuan, bersama masyarat sekitar perjalan kelokasi makam terasa cukup menguras keringat karna lokasinya relatif jauh dari pemukiman penduduk. Namun tak menyurutkan semangat, keakraban antara Warga Kuala Secapah dengan keluarga besar Marinir tampak begitu harnomis.

Tak ada sekat antara marinir dan warga, dan begitulah adanya. Raut wajah senyum bahasa yang santun dengan dialeg khas Daerah Kabupaten mempawah.

Dari kejauhan, entah apa yang dibicarakan antara marinir dan para warga ini. Namun yang pasti mereka akan bersama melewati hari ini.

Keluarga marinir dipimpin oleh Danki yonmarhanal Xll Ptk sementara warga Kuala secapah dipimpin langsung oleh Sekdes Kuala secapah Ismail.

Gotong royong membersihkan Makam Syeikh Muhamad Yasin ini meliputi, pemotongan rumput sekitar makam, pengecetan rumah makam, serta pembuatan Titian jembatan yg menuju lokasi Makam.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk syukur dan kebahagian keluarga besar Marinir Yonmarhanlah xll Ptk bersama warga Kuala Secapah dalam menyambut Bulan suci Ramadahan yang tinggal menghitung hari.

Kedepan, giat ini diharapkan dapat terus digalakan dan bisa menjadi spirit bagi warga setempat untuk lebih menjaga dan merawatnya, terutama bisa memberikan nilai-nilai luhur suri tauladan kepada generasi muda atas perjuangan-perjuangan ulama terdahulu dalam menyebar syar islam khususnya di kuala secapah, dan umumnya di Kabupaten Mempawah.

(Ady)

%d blogger menyukai ini: