banner 120x600

Akibat Hujan Deras Selama 1 jam, 10 Rumah Warga Tergenang Banjir

banner 120x600

 

Sekadau, BorneOneTV.com – Akibat Hujan Deras melanda ibu Kota Kabupaten Sekadau, Minggu (29/3) dini hari, mengakibatkan pemukiman warga, di Gang Ramba Jl. Merdeka Selatan, mengalami banjir Rob, dengan ketinggian air hingga dada orang dewasa. Minggu (29/3)

Emilia (45) warga yang terdampak banjir saat di temui BorneOneTV menceritakan awal mula turun hujan yang melanda ibu kota Sekadau sejak pukul 02:00 WIB itu setidaknya membuat rumahnya mengalami banjir setelah satu jam lamanya hujan.

“Ini pertama kalinya banjir sampai masuk rumah, cepat airnya naik. Pas sadar dibangunkan anak air sudah setengah kaki di dalam kamar,” ungkapnya.

Sedikitnya ada 10 rumah warga yang tergenang banjir, dengan kerugian materiil bervariasi. Sementara itu banjir diperkirakan akibat drainase yang tidak berfungsi dengan baik, mengakibatkan air yang turun tidak dapat dialirkan dengan lancar sehingga menggenangi rumah warga.

“Warga sempat cek memang drainase tersumbat. Cuma belum tau tersumbat apa. Kemungkinan karena itu air jadi nda bisa ngalir,” pungkas Santus, warga setempat yang mengecek lokasi drainase

Banjir rob juga menggenangi pemukiman warga di Gang Rawa Bakti yang berjarak sekitar 100 meter dari lokasi banjir pertama.

Mariata (33) warga Gang Rawa Bakti mengaku akibat kejadian itu seluruh perabotan di rumahnya terendam banjir

“Nda ada satupun yang bisa diselamatkan. Kulkas, gas, beras, pakaian semua basah. Buku-buku sekolah anak sampai ijazah pun basah,” ungkapnya

Ketinggian air pun diperkirakan hingga pinggang orang dewasa.

” Biasanya banjir cuma di jalan. Baru kali ini sampai ke rumah dan selutut,” kata Mariata.

Untuk di Gang Rawa Bakti diperkirakan 30 rumah warga yang terendah banjir dengan kerugian diantaranya peralatan elektronik yang terendah air, surat penting seperti sertifikat dan ijazah serta kebutuhan pokok masyarakat seperti beras.

Diketahui untuk dua lokasi tersebut, air pasang mulai memasuki rumah warga sekitar pukul 03:00 WIB dini hari dan mulai surut sekitar pukul 05:30 WIB. Setidaknya 30 unit rumah yang mengalami kerugian akibat banjir rob di Gang tersebut.

BPBD Sekadau juga bertindak cepat setelah menerima keluhan warga terkait banjir rob yang melanda pemukiman warga Jl. Merdeka Selatan, Sekadau, Kalbar

Anggota BPBD Sekadau Suhartono mengatakan pihaknya melakukan peninjauan terhadap pemukiman warga untuk mendata kerusakan bangunan atau fasilitas umum di lingkungan tersebut

BPBD juga mendata kerugian yang dialami warga akibat kejadian tersebut. Serta tak lupa mengecek drainase atau parit yang mengalirkan air dilingkungan setempat

“Kami mengecek bagaimana kondisi warga dan seperti apa kerugian yang dialami warga,” ungkapnya

Suhartono menyebut pihaknya akan berupaya mencari penyebab terjadinya banjir di beberapa wilayah tersebut

“Kita liat banjir ini karena apa, nanti kita laporkan kepada atasan untuk diambil tindakan yang tepat,” pungkasnya. (Krisantus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: